Workshop Perjuangan Masyarakat Bantul Kini dan Dulu

Wabup Bantul Joko B. Purnomo pada Workshop
Workshop Hari Jadi Bantul

KBRN Bantul : Dalam rangka memperingati Hari Jadi Bantul yang ke-190, Dinas Kebudayaan atau Kundha Kabudayan setempat menggelar Workshop  Perjuangan Masyarakat Bantul Kini dan Dulu, dibuka Wakil Bupati  Joko B. Purnomo, di Gedung Olahraga Kalurahan Guwosari, Pajangan, Bantul.

Wakil Bupati Bantul Joko B. Purnomo, S.E.,  mengatakan,  190 tahun merupakan usia yang sangat panjang. Artinya, telah mengalami kehidupan dari beberapa dekade yang kemungkinan sering terjadi peradaban yang berubah-ubah hingga kini. 

"Kita pernah hidup pada masa kerajaan,  penjajahan, masa perjuangan dan saat ini kita hidup pada masa milenial. Pendidikan karakter untuk generasi penerus juga harus diperhatikan dengan berlandaskan pada adat istiadat Kebudayaan Jawa yang adi luhung, " terang Joko, Selasa (24/8/2021)

Menurutnya, berbagai kegiatan yang diselenggarakan oleh Dinas Kebudayaan adalah bentuk penguatan untuk membangkitkan idelogis dan rasa nasionalis,  terutama yang saat ini hidup di Tanah Jawa. 

Seperti lomba ketoprak,  macapat dan tembang adalah bentuk inovasi  dalam memupuk sebuah ideologi dan rasa nasionalisme. 

"Ini semua merupakan upaya yang dilakukan Pemkab melalui sesuai Visi Misi Bantul yang harmonis , sejahtera berkeadilan untuk mewujudkan Bantul Projotamansari yang berbudaya sejahtera demokratis dan agamis, " kata Wabup. ⁣Dalam perkembangannya pada era milenial saat ini, Wabup Joko berpesan,   pelaksanaan kebudayaan tidak hanya serta merta membuat acara pentas dengan mengundang banyak penonton, melainkan juga jangan sampai takut  menampilkan peran-peran orang yang tidak populer. 

"Dengan membuat saluran budaya yang memberi wadah bagi para seniman muda hal ini merupakan bagian dari investasi berkelanjutan di masa akan datang, " tambahnya.⁣Pada kesempatan yang sama, Kepala Dinas Kebudayaan Bantul, Nugroho Eko Setyanto,  mengemukakan,   kegiatan workdhop budaya  merupakan rangkaian dari Peringatan Hari Jadi Kabupaten Bantul ke-190.  Namun karena situasi dan kondisi bangsa, termasuk didaerahnya sedang dilanda pandemi  Covid 19,  workshop baru bisa digelar hari ini dengan jumlah peserta terbatas.⁣

Peringatan Hari Jadi Kabupaten Bantul ke-190 ⁣bertepan dengan tanggal 20 Juli 2021. (humpro-jos)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00