Semangati Masyarakat, Mardiya Ciptakan Lagu 'Dino Riyoyo'

KBRN, Kulon Progo : Umat Islam telah merayakan Hari Raya Idul Fitri 1442 H yang jatuh pada hari Kamis, tanggal 13 Mei 2021. Dalam menyambut idul Fitri atau lebaran, masyarakat tentunya sudah mulai mempersiapkan diri. Selain makanan untuk keluarga tentunya, masyarakat juga menyiapkan diri dan juga hati, agar seluruh dosa bisa terhapuskan di hari lebaran. 

Untuk memberi semangat bagi masyarakat, seorang warga Sentolo, bernama Mardiyo, menciptakan lagu bernuansa Jawa yang diberi judul 'Dino Riyoyo. Mardiyo menceritakan, lagu tersebut memiliki makna yang mendalam.

Masyarakat diberi pesan, untuk bisa saling memaafkan sesama umat manusia dengan tulus ikhlas. Utamanya pada orang tua, anak istri, kerabah dan juga tetangga. Harapannya, dosa yag dilakukan, bisa diampuni pada hari yang fitri. Sehingga semuanya kembali dalam keadaan yang suci. 

"Lagu Dino Riyoyo, juga mengingatkan pada semuanya lebih berhati-hati agar penularan virus Covid-19 tidak meluas dan merugikan baik untuk keluarga ataupun masyarakat. Tradisi salam-salaman, cukup dilakukan dalam ucapan dan hati sehingga tidak perlu bersentuhan secara fisik," ucap Mardiyo, Senin (17/5/2021).

Ia menjelaskan, Musikalisasi lagu dikerjakan secara serius melibatkan La-Tahzan Panjatan dengan penyanyi Ngadino (Manthous Kulonprogo) bersama dengan Fina Fasanda. Lagu tersebut diunggah di channel YouTube Drs. Mardiya diya dalam bentuk proses rekaman dan juga akan ditampilkan dalam bentuk videoklip yang dikerjakan secara profesional. Proses syuting dilakukan pada hari Jumat (9/5/2021) di Resto Balkondes Sentolo.

Mardiyo, merupakan seorang pencipta lagu yang ulung. Hingga saat ini, Aparatur Sipil Negara Pemkab Kulon Progo tersebut mengaku, sudah menciptakan lebih dari 150 lagu. Semua lagu yang diciptakannya, merupakan lagu penyemangat pada masyarakat dalam menjalani hidup.

Genre yang diusung juga bermacam-macam, mulai dari Keroncong hingga campursari. Tidak salah, jika berbagai penghargaan telah diterima oleh Mardiyo berkat karya ciptaannya.

Beberapa yang diterimanya, seperti penghargaan Cipta Karya Kencana yang diberikan oleh Kepala BKKBN Pusat tahun 2019, hingga Sarjana Adi Manggala B dan Sosial Kemasyarakatan dan UNY pada tahun 2020.

Lagu 'Dino Riyoyo' ciptaan Mardiyo, memang layak didengarkan. Buktinya, banyak masyarakat yang mengapresiasi, salah satunya adalah Irawan Sarjuni. Warga dari Temon ini, menilai, Lagu Dino Riyoyo sarat akan makna. Pesan yang diperolehnya, adalah bagaimana menjaga sikap dan perilaku dalam berhubungan dengan sesama manusia.

"Karya-karya Mardiyo yang lainnya juga bagus dan menyentuh. Banyak pesan moral yang disampaikan melalui lagu-lagu karya Mardiyo tersebut," ungkap Sarjuni. (hrn/yyw).

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00