FOKUS: #PILKADA 2020

KPU Bantul Gelar Rapat Pleno Rekapitulasi Perhitungan Suara

KBRN, Bantul : Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bantul menggelar rapat pleno rekapitulasi perhitungan suara, Senin (14/12). Kegiatan berlangsung sejak pukul 10.00 pagi dan ditargetkan selesai dalam satu hari.

Namun, dari pemantauan di lapangan untuk satu Kecamatan Srandakan, penyampaian hasil perhitungannya memakan waktu cukup lama, yakni mencapai dua jam. Sehingga, ketua KPU Bantul, Didik Joko Nugroho, menyatakan, pihaknya akan menyesuaikan jika memang nantinya proses rekapitulasi ini harus berjalan selama dua hari hingga Selasa (15/12). Karena dalam penyampaiannya, pihak saksi-saksi dan juga Bawaslu dipersilahkan untuk memberikan tanggapan.

“Secara mekanisme proses ini membacakan hasil di masing-masing Kecamatan, setelah itu dibacakan apabila ada catatan-catatan khsusu itu ada di D kejadian khusus. Setelah itu masing-masing saksi baik Paslon 1, 2 maupun Bawaslu kita berikan waktu untuk memberika tanggapan,” urainya, ketika ditemui di sela-sela kegiatan.

Sementara itu, Ketua Bawaslu Bantul, Harlina ketika ditemui di kesempatan yang sama mengaku memang pihaknya melakukan pengawasan pada proses rekapitulasi di tingkat kabupaten ini. Dari evaluasi sesaat yang dilihatnya, ada proses yang semestinya bisa selesai di tingkat bawah, tetapi praktiknya di lapangan justru menjadi PR bagi tingkat Kabupaten.

“Kita kembalikan lagi kepada apa yang jadi proses di lapangan, yang jadi PR di tingkat Kabupaten, jadi apa yang seharusnya bisa sesuai apa yang jad ketugasan di kabupaten harus menyelesaikan PR yang ada di bawahnya,” ujarnya.

Lebih lanjut pasca proses rekapitulasi di tingkat Kabupaten ini, kemudian akan ada Surat Keputusan penetapan hasil. Kemudian diberikan kesemapatan jika ada sengketa, tetapi jika tidak ada akan ditetapkan calon terpilih dan dilakukan pelantikan. (dev/yyw).

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00