Bawaslu Bantul Hentikan Penyelidikan Salah Satu Video Praktik Politik Uang

KBRN, Bantul : Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Bantul menghentikan penyelidikan video dugaan praktik politik uang yang dilakukan oleh salah satu pasangan calon (Paslon) Pilkada setempat. Hal ini dikarenakan kurangnya dua alat bukti dugaan pelanggaran tersebut.

Menurut Ketua Bawaslu Bantul, Harlina, laporan ini tidak bisa dinaikkan ke proses penyidikan. Selain itu pihaknya bersama dengan tim Kejaksaan dan polisi yang tergabung dalam Sentra Gakumdu (Penegakan Hukum Terpadu) memiliki keterbatasan waktu hanya dua pekan untuk menyelesaikan kasus ini.

“Tidak bisa ditindaklanjuti di tahap penyidikan, dengan proses yang sudah ditempuh tadi. Karena kekurangan dua alat bukti itu,” tandasnya, Senin (30/11/2020).

Sebelumnya pada Sabtu (28/11) Bawaslu bersama Kejaksaan dan Kepolisian telah menggelar pembahasan terkait hal ini. Baik Kejaksaan maupun Kepolisian menyatakan kekurangan dua alat bukti. Sementara Bawaslu sendiri menilai memenuhi syarat. Seperti keaslian video yang harus diuji, serta ketidaksinkronan keterangan dari pihak-pihak yang diklarifikasi.

Sementara itu terkait dengan kasus dugaan video praktik politik uang lainnya, Harlina menyebut masih dalam tahap penyelidikan. Karena berbeda dengan kasus video pertama, di mana ada pihak yang melaporkan, untuk kasus kedua ini pihaknya berbekal informasi temuan. (dev/yyw).

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00