KPU Bantul Targetkan Partisipasi Pemilih 82%

KBRN, Bantul : Pada Pilkada tahun ini, Komisi Pem ilihan Umum (KPU) Bantul menargetkan partisipasi pemilih sebesar 82 persen.

Ketua KPU Bantul, Didik Joko Nugroho mengaku optimis dengan angka tersebut karena Pilkada mendatang digelar secara serentak dengan berbagai daerah lain.

 Sejumlah hal ditempuh KPU Bantul untuk bisa mencapai angka tersebut, salah satunya dengan sosialisasi konvensional tatap muka berbasis desa dan kecamatan, dengan tetap memberlakukan protokol kesehatan secara ketat.

Selain itu, menurut Didik, pihaknya juga menyasar kepada segmen tertentu yang pada Pilkada sebelumnya cenderung rendah, seperti difabel, perempuan, dan pemilih pemula.

Setidaknya dari kelompok tersebut diharapkan bisa ada peningkatan sebesar 50%, karena di ajang Pilkada sebelumnya partisipasi mereka masih kurang dari 50%.

“Karena kemarin kurang dari 50%, ada pendekatan ke kelompok-kelompo yang rentan, disabilitas, perempuan, pemilih pemula,” ungkapnya, Selasa (15/9/2020).

Lebih lanjut Didik menyatakan, pihaknya telah menyusun data pemilih untuk dimutakhirkan leh petugas dengan total mencapai 724.767 orang. Pemutakhiran dengan pencocokan dan penelitian (coklit) dilakukan oleh PPDP sejak 15 Juli hingga 13 Agustus lalu.

Ia menambahkan, setelah coklit kemudian dilakukan rekapitulasi berjenjang dari PPS sampai Kabupaten dan ditetapkan Data Pemilih Sementara (DPS) yang mencapai 705.651, dengan rincian 340 ribu lebih pemilih laki-laki dan 350 ribu lebih pemilih perempuan. (dev/yyw).

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00