Menilik Desa Terpencil di Perbatasan Gunungkidul - Jawa Tengah

Gandung Pardiman Tilik Warga

KBRN, Gunungkidul : Kalurahan Songbanyu, Girisubo, Gunungkidul, Yogyakarta menjadi desa paling timur yang menempati perbatasan antara Gunungkidul dengan Jawa Tengah. Desa terpencil ini butuh pembangunan infrastruktur.

Lurah Songbanyu, Giyarno mengatakan, saat ini belum ada akses tercepat yang bisa dilalui warga ketika akan pergi ke ibu kota kabupaten. Satu- satunya jalan hanya melalui kabupaten tetangga yakni Kecamatan Pracimanoro, Kabupaten Wonogiri, Jawa Tengah.

"Baru ada akses jalan bantuan dari TMMD tapi masih sulit kita lalui ya mau gak mau harus muter," katanya kepada rri.co.id, (11/9/2020).

Giyarno mengatakan, Kalurahan Songbanyu memiliki Sumberdaya alam yang melimpah. Terdapat pula Pelabuhan Sadeng yang memiliki hasil tangkapan ikan tuna terbaik di Indonesia. Pihaknya berharap pembangunan infranstruktur dapat membantu akses warga.

"Sarana insfrstruktur memang masih perlu untuk dibangun. Karena akses di wilayah Songbanyu masih sulit.

Anggota Komisi VII DPR RI Fraksi Golkar Gandung Pardiman yang melakukan 'tilik warga' di Dusun Songbanyu 2, Girisubo merasa prihatin. Dalam kesempatan ini, banyak masukan yang disampaikan oleh warga.

Aspirasi dari masyarakat akan ditampung dan dikoordinasikan dengan fraksi Golkar baik di DPRD Kabupaten, DIY maupun DPR RI. Gandung menegaskan, pihaknya akan memperjuangakan pembangunan Pelabuhan Sadeng untuk meningkatkan PAD dan dampak ekonomi masyaralat.

"Semua aspirasi kita tampung. Calon Bupati yang kita usung [Sunaryanto - Heri Susanto] semoga nanti bisa memperjuangkan masyarakat songbanyu nantinya," kata Gandung.

Politisi yang memiliki slogan Ikhlas Berjuang, Ikhlas Beramal, Peduli Semua dan Tidak Pelit, ini memberikan bantuan untuk pembangunan balai dusun, pengembangan usaha PKK dan Karang Taruna.

Kedatangan Drs HM Gandung Pardiman MM juga didampingi Tim Asistensi Erwin Nizar, John S Keban dan Agus Subagyo. Selain itu ikut hadir anggota DPRD DIY Fraksi Golkar Hj Rany Widayati, Fraksi Golkar DPRD Gunungkidul Jumiran dan Sarjana,Sekertaris DPD Golkar Gunungkidul Syarif Guska Laksana. (wib/yyw).

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00