Parpol di Bantul Wajib Penuhi Syarat, Jika Ingin Usung Calon Kepala Daerah

KBRN, Yogyakarta : KPU Kabupaten Bantul menyebut beberapa syarat, yang harus dipenuhi partai politik maupun gabungan parpol, untuk mengusung pasangan kepala daerah di Pilkada tahun depan.

Ketua Divisi Perencanaan dan Data KPU Bantul, Joko Santoso menyebut syarat pertama, yaitu jumlah perolehan kursi sebanyak 20 persen, dari total 45 kursi yang ada di DPRD Kabupaten Bantul.

”Di dalam PKPU 3, dan junto PKPU 15 tahun 2017 pasal 5 menjelaskan, gabungan parpol atau parpol yang mengusulkan calon harus mempunyai 20 persen dari total kursi, jadi parpol minimal harus punya sembilan kursi,” katanya di Bantul, Selasa (3/12/2019).

Selain syarat perolehan kursi, parpol maupun gabungan beberapa parpol kata Joko, juga bisa memanfaatkan perolehan suara sah Pemilu Legislatif 2019, jika kisarannya mencapai 25 persen, dari total akumulasi suara sah di DPRD Bantul.

”Akumulasi suara sah DPRD Bantul kemarin sejumlah 597.911, sebanyak 25 persennya dari total akumulasi suara sah itu, artinya parpol maupun gabungan parpol bisa mengusulkan jika punya 149.478 suara,” lanjut dia.

Joko juga menyebut, KPU Bantul selama 16 hari sejak tanggal 25 November lalu, telah mengumumkan secara terbuka di media massa, terkait syarat pencalonan yang harus dipenuhi parpol maupun gabungan parpol, jika mereka ingin mengusung pasangan kepala daerah di Pilkada tahun depan. (ws/yyw).    

Reaksi anda terhadap berita ini :

00:00:00 / 00:00:00