Beri Selamat Atas Ditetapkannya Gub dan Wagub DIY 2022-2027, Eko Suwanto Berharap Tujuan Keistimewaan DIY Dapat Terwujud

Ketua Komisi A DPRD DIY dari Fraksi PDI Perjuangan Eko Suwanto

KBRN, Yogyakarta : Raja Keraton Yogyakarta Sri Sultan Hamengku Buwono X dan Adipati Kadipaten Pakualaman Paku Alam X ditetapkan sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) Periode 2022-2027.

Penetapan itu berlangsung pada Selasa (9/8/2022) melalui Rapat Paripurna Istimewa di Gedung DPRD DIY, Yogyakarta. Penetapan Gubernur dan Wakil Gubernur DIY untuk lima tahun ke depan itu dihadiri para pimpinan dan anggota DPRD DIY, sejumlah pejabat, dan para kerabat Keraton Yogyakarta, dan Kadipaten Pakualaman.

Ketua Komisi A DPRD DIY dari Fraksi PDI Perjuangan yang juga mantan Ketua Pansus Tata Cara Penetapan Gubernur dan Wakil Gubernur DIY, Eko Suwanto menyampaikan selamat atas penetapan Sri Sultan Hamengku Buwono X dan Sri Paduka Pakualam X sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur DIY periods 2022-2027 dan berharap ke depan bisa mewujudkan tujuan keistimewaan DIY dengan kerja keras.

"Alhamdulillah, DIY memiliki UU Keistimewaan DIY Nomor 13/2012. Gubernur dan Wakil Gubernur DIY periode 2022-2027 ditetapkan. Komisi A DPRD DIY dan PDI Perjuangan memberikan dukungan penuh penetapan tersebut dan berharap Sri Sultan Hamengku X dan Sri Paduka Pakualam X bisa bekerja bersama menjalankan penerintahan sesuai amanat konstitusi," kata Eko Suwanto, dalam keterangan reseminya Selasa (9/8/2022).

Sesuai tujuan keistimewaan, Eko Suwanto berharap, ke depan Pemda DIY lebih bekerja keras dalam upaya mewujudkan kesejahteraan masyarakat, menyelesaikan masalah pengangguran, kemiskinan, ketimpangan, stabilitas ekonomi harga pokok sembako, serta penuntasan pandemi Covid-19.

Sesuai pasal lima UU Keistimewaan ada amanat mewujudkan pemerintah yang demokratis, mewujudkan kesejahteraan dan ketentraman masyarakat, pemerintahan yang baik, mewujudkan Bhinneka Tunggal Ika dan mewujudkan lembaga Kasultanan dan Kadipaten dalam pengembangam kebudayaan.

"Kita bersama rakyat memberikan dukungan penuh atas penetapan Sri Sultan Hamengku Buwono  X dan Sri Paduka Pakualam X sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur DIY periode 2022-2027. Mari bersama rakyat membantu Gubernur dan Wakil Gubernur menyelesaikan masalah rakyat," kata Eko Suwanto, Ketua DPC PDI Perjuangan Kota Yogyakarta.

Gubernur dan Wakil Gubernur DIY penting jalankan visi dan misi sesuai hal ditetapkan konstitusi untuk melindungi segenap tumpah darah Indonesia.

"Ada tugas mencerdaskan kehidupan bangsa, memajukan kesejahteraan umum, DIY sebagai tujuan belajar mahasiswa dari darah, juga mahasiswa dari berbagai dunia. Ada banyak masalah yang harus diselesaikan ke depan, pilihan hanya satu, kerja keras," kata Eko Suwanto, Ketua Komisi A DPRD DIY dari Fraksi PDI Perjuangan yang merupakan Koordinator Lapangan Perjuangan Keistimewaan DIY hingga terlahir UU Keistimewaan DIY Nomor 13 Tahun 2012.

Sri Sultan Hamengku Buwono X dalam kesempatan terpisah menyatakan rasa terima kasih kepada DPRD DIY yang telah bekerja sesuai tahapan perundang-undangan.

"Terima kasih karena telah menyelesaikan tahapan sesuai perundang-undangan yang ada," kata Sultan seusai ditetapkan sebagai Gubernur DIY Periode 2022-2027. Sesuai Undang-Undang Keistimewaan DIY Nomor 13 Tahun 2012, pengisi jabatan Gubernur DIY adalah yang bertakhta sebagai Sultan Hamengku Buwono dan bertakhta sebagai Adipati Paku Alam untuk Wakil Gubernur DIY

Sebagai salah satu bentuk keistimewaan DIY, pengisian jabatan gubernur dan wakil gubernur melalui penetapan, bukan pemilihan umum. Masa jabatan Sultan HB X dan KGPAA Pakul Alam X untuk periode 2017-2022 bakal berakhir per 10 Oktober 2022.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar