Tahapan Penetapan Berlanjut, Sultan dan Paku Alam Jalani Tes Kesehatan

KBRN, Yogyakarta: Gubernur dan Wakil Gubernur DIY selesai menjalani pemeriksaan kesehatan di RSUP Prof Dr Sardjito Yogyakarta pada Jumat (1/7/2022) pagi. 

Pemeriksaan kesehatan ini dilakukan dalam rangka memenuhi tata kala persyaratan bagi Sri Sultan Hamengku Buwono X dan KGPAA Paku Alam X untuk dilantik kembali menjadi Gubernur dan Wakil Gubernur DIY periode 2022-2027.

Ditemui usai pemeriksaan kesehatan, Gubernur DIY, Sri Sultan Hamengku Buwono X mengungkapkan, tahapan pemeriksaan kesehatan ini harus dilakukan karena menjadi persyaratan pelantikan Gubernur dan Wakil Gubernur. Pemeriksaan pimpinan DIY ini dilakukan di Bangsal Amarta.

“Saya bersama Bapak Wagub di Sardjito ini dalam rangka memenuhi persyaratan. Jadi ini untuk memenuhi persyaratan diajukan kembali untuk lima tahun yang akan datang,” ungkap Sri Sultan.

Ngarsa Dalem menyatakan, pemeriksaan yang dilakukan layaknya prosedur calon kepala daerah. Dimulai dari pemeriksaan darah, urine, jantung, mata dan prosedur pemeriksaan lainnya.

Sementara itu, Ketua Tim Medis Pemeriksaan Kesehatan Gubernur dan Wakil Gubernur DIY, Dr dr I Dewa Putu Pramantara, SpPD, KGer mengatakan, tahapan pemeriksaan kesehatan yang dilakukan pada Gubernur dan Wakil Gubernur DIY ini sama seperti general check-up pada umumnya. Selama pemeriksaan, terdapat empat dokter spesialis yang dilibatkan.

“Yang terlibat ada spesialis penyakit dalam, spesialis mata, THT dan psikiater. Pemeriksaan laboratorium lengkap juga dilakukan, rekam jantung dan rontgen foto toraks,” ungkapnya. (ros) 

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar