Meski Tak Powerful, DPRD Kota Yogyakarta Siap Dukung Penuh Sumadi

KBRN, Yogyakarta: Tugas pokok dan fungsi dari seorang penjabat kepala daerah, baik menggantikan bupati atau walikota, memang tak sekuat kepala daerah definitif. Hal itu tak dibantah oleh Ketua DPRD Kota Yogyakarta, Danang Rudyatmoko.

Namun demikian, komitmen untuk mendukung sosok Sumadi, penjabat walikota yang ditunjuk oleh Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X, diutarakan Danang selaku pimpinan DPRD Kota Yogyakarta. Pihak legislatif siap mendukung penuh penjabat walikota selama satu tahun ke depan lewat jalinan komunikasi yang intens.

“Tentu saja harapan kami adalah setiap ada gerakan, setiap ada langkah-langkah ke depan, kita komunikasi. Dan sistem tata kelola pemerintah di Indonesia ini tak terlepas antar satu dan lainnya sama sekali. Kita masih punya gubernur, kita masih punya menteri dalam negeri,” jelasnya.

Danang Rudyatmoko menyatakan, pihaknya berharap sinergi yang terjalin dapat menghasilkan terobosan dan inovasi yang semakin membuat Kota Yogyakarta maju.

“Saya harap seperti yang sampaikan, ada inovasi, ada percepatan yang tentu saja ini kita harapkan sampai dengan nanti masa tahun 2024 mendatang,” ungkap Danang.

Sementara itu, Sekda Kota Yogyakarta, Aman Yuriadiwijaya, menuturkan, meski dibatasi regulasi, namun penjabat walikota tetap punya wewenang yang kuat. Ketika ditanya tentang pengangkatan pejabat baru di lingkungan Pemkot Yogyakarta, Aman menegaskan, sesuai peraturan Kemendagri, penjabat walikota tetap diperbolehkan memilih dan mengangkat pejabat baru.

“Boleh saja, tapi kan dengan rekomendasi dari Kemendagri. Tetap saja, calon pejabat yang diusulkan harus dapat rekomendasi,” paparnya.

Sedangkan untuk penyusunan Rencana Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (RABPD), Aman Yuriadiwijaya melanjutkan, seorang penjabat walikota mendapat kekuatan penuh (powerful) untuk menyusun Raperda APBD.

“Kalau untuk Raperda APBD, penjabat walikota memiliki kewenangan kuat. Jadi, kita nanti tetap menyusun APBD seperti ketika ada walikota definitif,” tandas dia. (ros)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar