Dukung Pemilos, KPU Kulon Progo Gelar Training Of Trainer

TOT KPU Kulon Progo (istimewa)

KBRN, Kulon Progo : Training Of Trainer (TOT) Pemilos Daring serentak 2021 yang digelar oleh KPU Kulon Progo mendapatkan sambutan baik. Kegiatan tersebut diikuti oleh 134 peserta, sehingga dalam prosesnya memakai ruang zoom ditambah YouTube KPU Kabupaten Kulon Progo.

ToT Pemilos hari pertama dihadiri oleh Ketua KPU Kabupaten Kulon Progo, kepala Dinas Kominfo, tiga OPD pendidikan pengampu, seluruh Panitia Pemilihan Osis (PPO), Guru pendamping dari 38 Sekolah, serta KPPS. 

Dalam sambutannya, ketua KPU Ibah Muthiah menyampaikan bahwa, Pemilos 2021 adalah perbaikan dari kegiatan serupa di tahun sebelumnya. 

"Bagi KPU Kabupaten Kulon Progo, adalah strategi pendidikan untuk pemilih pemula. Pemilos memberikan Pendidikan Demokrasi dan Kepemiluan sejak dini kepada masyarakat," ucap Ibah, di Kulon Progo, Selasa (24/8/2021).

Pada masa pandemi, ungkap Ibah, KPU Kabupaten Kulon Progo, bersama dengan Dinas Kominfo Kulon Progo, melakukan inovasi menyelenggarakan Pemilos serentak secara daring. Seluruh siswa mulai dari SMP sampai SMA/SMK dan madrasah mengikuti Pemilos secara daring dengan menggunakan aplikasi Pemilos.

Aplikasi Pemilos memiliki beberapa fitur. Fitur pertama adalah fitur untuk PPO. Fitur yang dioperasikan oleh PPO atau Panitia Pemilihan OSIS ini terdiri dari aplikasi untuk input data pemilih, input peserta Pemilos, aplikasi Kampanye dan aplikasi Pemungutan Suara. 

Fitur lainnya adalah fitur pemilih, dimana siswa yang akan menggunakan hak suaranya harus mendaftarkan akunnya untuk bisa melihat fitur Kampanye. Selain itu mereka juga bisa fitur Pemungutan yang nantinya diaktifkan pada jadwal Pemungutan yang sudah ditentukan.

Sedangkan, Kepala Dinas Kominfo Kulon Progo, Rudiyatno mengatakan, jika perbaikan dan inovasi aplikasi Pemilos dilakukan untuk menfasilitasi pelaksanaan pemilos dan pendidikan Pemilih Pemula. 

"Bahkan pada saat ini, inovasi Pemilos daring akan direplikasi oleh Kabupaten Bantul," ungkapnya.(hrn).

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00