Seorang ASN di Kulon Progo Tertipu, Uang Puluhan Juta Melayang

Korban melaporkan ke polisi (ist/RRI)

KBRN, Kulon Progo : Seorang pensiunan aparatur sipil negara (ASN)  Sucipto (61) warga Kalurahan Banguncipto, Kapanewon Sentolo, Kulonprogo harus kehilangan uang mencapai puluhan juta rupiah setelah korban penipuan dengan modus kerja sama dalam berdagang buah-buahan. Kasus penipuan ini sekarang masih ditangani oleh Polsek Sentolo.

Kasubbag Humas Polres Kulon Progo, Iptu I Nengah Jeffry mengatakan, dalam laporannya, korban melaporkan seorang pria yang diduga merupakan pelaku penipuan dengan modus bekerja sama berdagang buah-buahan. Pria tersebut berinisial RW, 40, warga Kelurahan Cangkrep Lor, Kecamatan Purworejo, Purworejo, Jawa Tengah.

Jeffry menambahkan, kasus penipuan ini terjadi pada tanggal 30 Juli 2019. Pada saat itu, pelaku datang ke rumah korban untuk mengajak kerja sama untuk berdagang buah-buahan. Korban kemudian terbujuk rayu pelaku, sehingga keduanya sepakat bekerja sama.  

"Pelaku meminta uang Rp3 juta sebagai tanda jadi. Hingga Desember 2019. Pelaku meminta uang pada korban, dengan total mencapai nilai Rp25 juta," ujar Jeffry, di Kulon Progo, Sabtu (6/3/2021).

Selama kerja sama terjalin, ternyata pelaku hanya memberikan uang sebesar Rp 8 juta saja. Saat korban berupaya untuk menanyakan ke pelaku terkait kejelasan usaha buah-buahan, pelaku terus berkelit dan berupaya menghindari korban.

"Merasa janggal, korban kemudian melaporkan kepada Polsek Sentolo pada 3 Maret 2021. Saat ini, kasus penipuan tersebut sedang ditangani oleh Polsek Sentolo. Polisi, telah menerima sejumlah bukti seperti buku catatan penyerahan uang dari pelapor kepada terlapor, satu lembar surat pernyataan pelaku, rekening koran korban dan sejumlah bukti transaksi.(hrn/yyw).

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00