Kapolda DIY Ingatkan Jajarannya Tak Takut Diaudit

KBRN, Yogyakarta : Kapolda DIY Irjen Polisi Drs Asep Suhendar MSi meminta agar jajarannya siap untuk diaudit kapan pun juga, termasuk meningkatkan transparansi serta akuntabilitas dalam menjalankan tugas.

Hal itu disampaikan Kapolda, Selasa (02/03/2021) siang, usai memimpin Taklimat Awal Audit Kinerja Tahap I Itwasda Polda DIY untuk tahun anggaran 2021. Kapolda menyampaikan, pengawasan dan pemeriksaan (wasrik) atau yang secara umum dikenal sebagai audit, merupakan hal penting yang dilakukan sebagai instrumen dalam manajemen organisasi yang bertujuan untuk menilai kebenaran, kecermatan, kredibilitas dan keandalan informasi.

“Audit juga bertujuan memberikan konsultasi dan menjamin kualitas atas perencanaan dan pengorganisasian kasatker/kuasa pengguna anggaran (KPA) terhadap pelaksanaan program Polri dan keuangan negara,” ujar Kapolda di Gedung Anton Soedjarwo.

Asep Suhendar berpesan dengan perencanaan dan pengorganisasian yang baik diharapkan menghasilkan kinerja yang baik pula.  Aspek penting dari audit adalah dalam hal konsultasi (consulting) dan memberikan jaminan kualitas (quality assurance) atas kinerja dan laporan keuangan yang mana hal tersebut merupakan tugas utama dari aparat pengawas intern pemerintah (APIP),” jelasnya.

Lebih lanjut, Kapolda menyebutkan konsultasi menjadi momentum yang tepat untuk evaluasi dan perbaikan kinerja bagi satker dan satwil di jajaran Polda DIY. Pada tahap awal proses manajemen dalam perencanaan, pengorganisasian kegiatan dan alokasi anggaran, sedangkan quality assurance merupakan ruang bagi tim audit untuk memastikan bahwa kinerja dan laporan keuangan satker memiliki kualitas sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

"Untuk itu, pesan saya kepada kasatker dan kasatwil agar mempersiapkan segala sesuatu berkaitan dengan pelaksanaan audit dan membuka ruang yang cukup bagi tim audit untuk melaksanakan tugasnya,” tandas Kapolda.

Dalam kegiatan tersebut Kapolda didampingi oleh Irwasda Polda DIY dan juga seluruh pejabat utama Polda DIY, Kapolres dan Kapolresta serta seluruh peserta taklimat. (ros)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00