Kejaksaan Musnahkan Ratusan Barang Bukti Tindak Pidana

KBRN, Gunungkidul: Kamis (27/1/2022) pagi, Kejaksaan Negeri (Kejari) Gunungkidul menggelar pemusnahan barang bukti. Adapun ratusan jenis barang bukti tersbut milik 61 tersangka tindak pidana umum pada Bulan Juli 2021 hingga Januari 2022 yang sudah memiliki kekuatan hukum tetap. 

Kasie Barang Bukti Kejari Gunungkidul, Hani Adhy Astuti mengatakan pelaksanaan pemusnahan barang bukti tersebut sesuai dengan standar operasional yang telah ditetapkan oleh Kemenkumham. Pemusnahan ini sendiri juga menghadirkan lembaga lain seperti kepolisian, pengadilan dan juga Rupbasan. 

"Kita musnahkan barang bukti yang telah berkekuatan hukum tetap,"ujar Hani. 

Hani menerangkan, jenis barang bukti yang dimusnahkan di antaranya kasus  narkotika dan obat terlarang yang melanggar undang-undang kesehatan, penipuan dan penggelapan hingga kasus yang melanggar undang-undang perlindungan anak. 

"Ini masih didominasi oleh pelanggaran UU Kesehatan,"terang dia. 

Sementara itu Kepala Sub Seksi Administrasi Rupbasan Wonosari, Andriyanta mengatakan, barang sitaan yang dititipkan di Rupbasan Wonosari saat inu masih 62 barang bukti. Jumlah tersebut terdiri dari 21 register perkara. 

"Yang turut dimusnahkan disini ada tiga yang terdiri dari dua gergaji dan satu terpal," pungkas Andri.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar