Diambil Sumpah, Peserta Seleksi Sekolah Inspektur Janji Berintegritas

KBRN, Yogyakarta: Karo SDM Polda DIY Kombes Pol Yohanes Ragil Heru Susetyo, SIK, MHum memimpin pengambilan sumpah dan penandatanganan Pakta Integritas seleksi pendidikan Sekolah Inspektur Polisi (SIP) angkatan ke-51 untuk tahun anggaran 2022. 

Pakta integritas ini diperuntukkan bagi personel Polda DIY yang menjadi panitia daerah dan peserta dalam seleksi pendidikan SIP. Kepada pewarta, Selasa (25/1/2022) siang, Kabid Humas Polda DIY Kombes Polisi Yuliyanto, SIK, MSc menerangkan, kegiatan pengambilan sumpah dan penandatanganan Pakta Integritas Seleksi Pendidikan SIP 2022 dilaksanakan di Aula Kampus ISI Yogyakarta, Jalan Parangtritis, Sewon, Bantul. 

Hadir mendampingi Karo SDM, Kabid Propam Polda DIY dan diikuti 214 peserta seleksi 13 diantaranya Polwan. 

Pada amanat Kapolda DIY yang dibacakan Karo SDM Polda DIY mengatakan seleksi pendidikan sekolah inspektur polisi ini diadakan dengan tujuan menghasilkan calon First Line Supervisor yang memiliki perilaku dan pengetahuan unggul serta kompetitif. 

"Kebijakan dari pimpinan Polri terkait pola pembinaan dan penilaian terhadap personel Polri berupa 13 komponen bahan perorangan anggota Polri menjadi komponen penilaian penunjang," ujarnya. 

Selain dari penerapan komponen itu  rangkaian seleksi telah menggunakan metode Computer Assisted Test (CAT) sehingga hasilnya dapat langsung diketahui oleh setiap peserta. 

"Dengan sistem seleksi yang sangat transparan ini diharapkan nantinya akan mendapat perwira Polri yang benar-benar profesional berkinerja baik dan memiliki mental yang baik," terang Yuliyanto. 

Melalui pelaksanaan pengambilan sumpah dan penandatangan Pakta Integritas Ini, panitia berkomitmen untuk tidak melakukan praktek-praktek korupsi, kolusi dan nepotisme serta penyimpangan lainnya. 

"Hal ini dilakukan sebagai wujud tanggung jawab moral untuk membuktikan bahwa proses seleksi berpedoman pada peraturan kode etik Polri," tandas Kabid Humas. (ros) 

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar