Rupbasan Wonosari Siap Tampung Benda Sitaan Polisi

KBRN, Gunungkidul: Rumah Penyimpanan Benda Sitaan Negara Kelas II Wonosari menggelar rapat koordinasi dengan jajaran kepolisian, Selasa (30/11/2021) pagi. Dalam rapat ini, dibahas mengenai kesiapan Rupbasan dalam menyimpan benda sitaan maupun barang bukti baik yang belum mendapat putusan maupun yang sudah dalam putusan hakim.

Kepala Rupbasan Wonosari, Ruh Harijadi mengatakan, saat ini ini ada lima buah kendaraan roda empat dan sembilan kendaraan roda dua yang disimpan di Rupbasan Wonosari.

Dari jumlah tersebut baru satu unit kendaraan truk yang merupakan barang sitaan Polres Gunungkidul yang dititipkan kepada Rupbasan Wonosari.

"Sebenarnya koordinasi semacam ini sudah sering kami lakukan tapi jajaran struktural kepolisian sering sekali menggelar mutasi rotasi sehingga aturan penitipan barang sitaan seperti apa banyak yang belum diketahui," kata Harijadi.

Ia menambahkan, kebanyakan dari barang sitaan yang dititipkan kepada Rupbasan sendiri merupakan titipan dari kejaksaan. Ia mengatakan, secara prinsip, Rupbasan Wonosari siap menerima barang sitaan negara.

"Apapun bentuk barang sitaannya kami siap menampung dan merawatnya," ujar Harijadi.

Sementara itu Kasat Tahanan dan Barang Bukti Polres Gunungkidul, Iptu Wartana mengaku, masih sedikit sekali barang sitaan Polres Gunungkidul yang tidak dititipkan ke Rupbasan. Padahal, di sisi lain, Polres Gunungkidul belum memiliki gedung penyimpanan barang bukti.

"Dan itu menjadi temuan Dit Tahti saat supervisi kemarin," pungkas dia.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar