Polda DIY Membuka Pendaftaran Lomba Unjuk Rasa

KBRN, Yogyakarta: Memperingati hari Hak Asasi Manusia (HAM) yang jatuh pada 10 Desember mendatang, Polri menggelar lomba orasi unjuk rasa Piala Kapolri 2021. Lomba orasi ini akan berlangsung serentak di seluruh Indonesia. 

"Pendaftaran lomba sudah dimulai sejak Kamis (25/11/2021) kemarin hinggal 1 Desember 2021 dan mengusung tema Memperingati Hari Hak Asasi Manusia, namun para peserta ini dibebaskan untuk memilih sub tema yang akan diangkat," ujar Kabid Humas Kombes Polisi Yuliyanto. 

Mantan Kapolres Sleman itu menerangkan meski dibebaskan tentang sub tema, peserta lomba harus menyampaikan orasi secara elegan dan tidak mengandung SARA. 

"Jadi asalkan tidak keluar dari tema yang telah ditentukan," jelas Kabid Humas kepada pewarta. 

Perwira kelahiran Moyudan, Sleman itu, mengungkapkan pendaftaran terbuka bagi siapa pun dengan cara mengisi formulir elektronik yang disediakan. 

"Masyarakat yang berminat bisa segera mendaftar di link Google form: https://s.id/lombaorasiunjukrasapoldadiy dan segera meng-upload video ke Google Drive dan input link ke alamat web tersebut," paparnya. 

Lebih lanjut, Kombes Polisi Yuliyanto menyebutkan, dewan juri akan mengedepankan lima aspek penilaian. 

"Ada lima aspek yang akan dinilai oleh juri dalam lomba tersebut, yaitu kekompakan, penyampaian dan persiapan dalam mengelola Unras (Unjuk Rasa), atribut unjuk rasa, teatrical dalam orasi dan kritik yang bersifat konstruktif/membangun,"  lanjutnya. 

Di tingkat Polda DIY nantinya akan diambil satu video orasi terbaik untuk dikirim mengikuti putaran nasional di Mabes Polri. 

"Grand final nanti akan dilaksanakan bertepatan dengan Hari HAM, 10 Desember di Jakarta. Dari 34 video yang dikirim oleh seluruh Polda, akan diambil 6 terbaik oleh juri pusat untuk tampil langsung di Jakarta," tutupnya. (ros) 

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar