Giliran Lapas Wonosari Jadi Bersinar

KBRN, Yogyakarta: Satu per satu Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) dan juga Rumah Tahanan (Rutan) di DIY kompak mendeklarasikan Bersih dari Narkoba (Bersinar). 

Termasuk di antaranya Lapas khusus Perempuan Kelas IIB dan Lapas khusus Anak Kelas IIB Yogyakarta yang keduanya terletak di Wonosari, Gunungkidul. Lewat deklarasi yang dicanangkan, Kamis (16/9/2021) siang, baik sivitas maupun Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) berkomitmen tidak menyalahgunakan narkoba. 

Kepala Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) DIY,  Brigjen Polisi Andi Fairan, menyatakan komitmen kuat dalam bentuk deklarasi merupakan momentum berharga untuk memberikan energi positif dalam upaya pencegahan dan pemberantasan penyalahgunaan serta peredaran gelap narkoba. 

"Lewat momentum deklarasi ini juga menjadi bukti bahwa jajaran pemasyarakatan menaruh komitmen penuh terhadap pemberantasan narkoba di Indonesia," katanya. 

Sementara itu Bupati Gunungkidul, Sunaryanta, mengapresiasi deklarasi Lapas Bersinar di Gunungkidul. Ia sempat merasa khawatir, meski di masa pandemi peredaran narkoba di Indonesia justru semakin meningkat. 

"Dengan komitmen yang sungguh-sungguh dari berbagai pihak, Sunaryanta berharap Gunungkidul dapat betul-betul bersih dari narkoba," ungkapnya 

Sebelum deklarasi, kegiatan diawali dengan razia penggeledahan kamar hunian WBP. Tak hanya itu saja, petugas BNNP DIY juga sempat melakukan tes urin. 

Hasilnya tidak ditemukan narkoba maupun alat komunikasi di balik jeruji lapas. Sedangkan hasil tes urin kesemuanya negatif. (ros)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00