Digeledah Tim Gabungan, Rutan Wirogunan Bersih Narkoba

KBRN, Yogyakarta: Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) di Rumah Tahanan (Rutan) Kelas IIA Yogyakarta dikejutkan dengan razia pada pagi hari yang dilakukan tim gabungan Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) DIY bersama dengan aparat kepolisian dan TNI. Tim ini menggeledah sel para WBP, Rabu (15/9/2021) pagi, ketika para warga binaan tengah bersantai.

Kabid Pemberantasan BNNP DIY, Kombes Polisi Tri Yunianto, menyebutkan, razia dilakukan dalam rangka sinergitas untuk mewujudkan Rutan Bersih dari Narkoba atau Rutan Bersinar. Sebab itu, digelar operasi bersama di Rutan Kelas IIA Yogyakarta atau yang populer dengan nama Rutan Wirogunan.

“Operasi bersama ini dilaksanakan oleh personel gabungan dari BNNP DIY, BNNK Yogyakarta, Polri, TNI, pihak Rutan dan juga dari Divisi Pemasyarakatan Kanwil Kemenkumham Yogyakarta,” ujar Tri Yunanto. 

Sebelum operasi sempat dilakukan apel gabungan yang dipimpin oleh Kepala Pengamanan Rutan Kelas IIA Yogyakarta. Apel gabungan diisi dengan briefing kepada seluruh tim yang ikut dalam operasi bersama terkait teknis pelaksanaan razia/penggeledahan yang dimulai sekitar pukul 07:30 WIB itu.

“Operasi bersama menyasar WBP dan juga kamar hunian WBP di blok WBP narkotika. Sebanyak enam kamar hunian WBP dilakukan penggeledahan oleh petugas gabungan,” tuturnya. 

Dalam operasi gabungan tersebut, lanjut Tri Yunianto, tak ditemukan narkotika maupun barang-barang yang terkait peredaran gelap narkoba. Operasi tersebut menunjukkan Rutan Wirogunan masih bersih dari peredaran gelap dan penyalahgunaan narkoba.

“Kami hanya menemukan barang-barang yang dilarang masuk di kamar hunian WBP,” ucapnya.

Kegiatan operasi bersama dilanjutkan dengan pemeriksaan urin terhadap pegawai rutan dan juga seluruh WBP Rutan Kelas IIA Yogyakarta. Sebanyak 18 WBP dan delapan pegawai diperiksa urin-nya menggunakan rapid test narkoba yang mampu mendeteksi 10 parameter penyalahgunaan narkoba.

“Dan diperoleh hasil semuanya negatif narkoba. Kami bersyukur dengan hasil ini,” tandasnya. (ros)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00