Kerja Sama Lintas Negara Penting Bongkar Sindikat Narkoba

KBRN, Yogyakarta: Kepala Badan Reserse Kriminal (Kabareskrim) Komjen Polisi Agus Andrianto menyampaikan, Polri menyambut baik peluang kerjasama Indonesia dengan Panama khususnya antar lembaga kepolisian kedua negara. 

Agus berharap institusi kepolisian kedua negara dapat bekerja sama membahas penanggulangan kejahatan transnasional. 

“Berbagai macam isu yang menjadi perhatian bersama, misalnya perdagangan obat-obat terlarang dan perdagangan manusia," kata Komjen Agus Andrianto dalam keterangan tertulis, Rabu (28/7/2021). 

Kemudian, lanjut Agus, Indonesia yang dikenal ahli dalam menangani peredaran gelap narkoba khususnya jenis shabu bisa bertukar metode penanggulanganya dengan kepolisian Panama yang lebih banyak perdagangan narkoba jenis kokain. 

“Sehingga dua hal berbeda ini bisa saling dipertukarkan ilmunya,” tandas Agus. 

Sebelumnya Duta Besar Republik Indonesia (Dubes RI) untuk Panama Sukmo Harsono melakukan kunjungan resmi atau courtesy visit ke Wakil Menteri Keamanan Publik Panama HE Ivor Axel Pitti. 

Dalam pertemuannya itu, Sukmo membahas beberapa hal, mulai dari kerjasama bilateral yang telah dilakukan antara Indonesia dan Panama hingga penjajakan potensi kerja sama antara Polri dengan Kepolisian Panama. 

"Kami membahas upaya peningkatan lebih lanjut hubungan kedua negara, terutama institusi kepolisian Indonesia dengan kepolisian Panama," ungkap Sukmo, Selasa (26/7/2021). 

Sementara itu, Kabid Humas Polda DIY Kombes Polisi Yuliyanto menuturkan, peredaran gelap narkoba masih menjadi concern aparat meski di masa pandemi. Buktinya, beberapa ungkap kasus narkoba dapat dilakukan jajaran kepolisian di Yogyakarta. 

"Misalnya saja, pada awal Juni kemarin, Polres Sleman berhasil membongkar upaya penyelundupan dan peredaran gelap narkotika jenis shabu seberat 4 kg. Ini merupakan yang terbesar yang pernah diungkap," tutur dia. 

Yuliyanto menambahkan untuk shabu sebagian besar peredarannya dimungkinkan berasal dari kristal methampetamine yang diimpor. Sebab itu, kerja sama dengan luar negeri penting artinya untuk membongkar sindikat jaringan pengedar internasional. (ros)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00