Kesadaran Masyarakat Tinggi, Mobilitas Selama Larangan Mudik Turun Hingga 70 Persen

Kabaharkam Polri Komjen Arief Sulistyanto

KBRN, Yogyakarta : Jajaran Kepolisian Republik Indonesia mengklaim terjadi penurunan aktifitas lalu lintas sepanjang Transjawa hingga 70 persen.

Kepala Badan Pemeliharaan Keamanan (Kabaharkam) Polri Komjen Arief Sulistyanto mengatakan, berdasarkan data sementara evaluasi penyekatan, pengawasan, dan pengamanan Operasi Ketupat 2021 hari kedua yang dilakukan Mabes Polri terjadi penurunan mobilitas hingga 70 persen.

Bahkan, diungkapkannya, aktifitas Jakarta hingga Transjawa hari kedua pemberlakukan kebijakan larangan mudik teramati dari patroli udara dalam keadaan di bawah normal.

"Cenderung sepi, di gerbang tol hari Kamis kemarin terjadi penurunan 50 hingga 60 persen dan tadi malam hingga pagi tadi bahkan turun 60 sampai 70 persen," katanya di sela tinjauan ke pos pengamanan Tugu Yogyakarta, Sabtu (8/5/2021).

Menurutnya, dengan penurunan mobilitas masyarakat yang terjadi saat ini menunjukkan, kesadaran masyarakat untuk tidak melakukan mudik selama perayaan Lebaran 1442 H untuk mencegah terjadinya potensi paparan Covid-19.

"Ini harus terus dipertahankan semata-mata untuk menjaga masyarakat itu sendiri. Jangan sampai terjadi penularan dan kita karena mobilitas ini juga bahaya terjadinya penularan, ini yang harus sama-sama dijaga," jelasnya. (ian/yyw).

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00