Larangan Mudik untuk Jaga Keselamatan dan Kesehatan Semua

Komjen Arief Sulistyanto ketika meninjau Pospam Tugu Yogyakarta

KBRN, Yogyakarta : Kepala Badan Pemeliharaan Keamanan (Kabaharkam) Polri Komjen Arief Sulistyanto melakukan peninjauan memastikan kesiapan pos pengamanan yang dibentuk jajaran Polda Daerah Istimewa Yogyakarta.

Dalam tinjauannya Komjen Arief mengharapkan, seluruh masyarakat memahami dan mematuhi aturan pemerintah yang diterapkan untuk menjaga kesehatan masyarakat di kondisi pandemi Covid 19 saat ini. 

Sebagai Perwira pengamat wilayah di Polda DIY pihaknya menjelaskan, akan melakukan pemantauan situasi Kamtibmas ketika perayaan Idul Fitri sehingga kebijakan larangan mudik untuk menjaga jangan sampai terjadi penularan benar-benar dilaksanakan di wilayah hukum Polda DIY.

"Dengan adanya kebijakan larangan mudik ini betul-betul diharapkan untuk bisa menjaga jangan sampai ada penularan Covid 19 karena pengalami libur paskah kemarin terjadi peningkatan sehingga tradisi mudik ini dilakukan dengan cara yang berbeda," katanya di Pospam Tugu Yogyakarta, Sabtu (8/5/2021).

Komjen Arief Sulistyanto juga mengharapkan, tradisi mudik untuk bertemu keluarga sahabat maupun kerabat di kondisi saat ini dapat disiasati dengan adanya kemajuan teknologi seperti video call, sehingga selain melindungi diri sendiri, juga melindungi keluarga dari potensi terjadinya paparan covid akibat adanya aktivitas mudik yang dilakukan secara langsung.

"Karena masih dalam situasi pandemi sehingga dengan adanya kebijakan larangan mudik ini betul-betul diharapkan untuk bisa menjaga jangan sampai ada penularan Covid 19, karena pengalam libur paskah kemarin terjadi peningkatan sehingga tradisi mudik ini dilakukan dengan cara yang berbeda," tambahnya.

Pihaknya juga memohon kesadaran masyarakat untuk mendukung upaya pengendalian penyebaran Covid dengan membatasi mobilitas termasuk dengan sosialisasi yang dilakukan stakeholder terkait untuk selalu mengingatkan kepada seluruh masyarakat terkait pentingnya protokol kesehatan mencegah terjadinya penularan Covid 19.  

"Memang situasinya harus kita lakukan seperti itu, karena pandemi ini masih menjadi ancaman bukan hanya bagi Jogja saja, tapi bagi seluruh dunia. Ini kalau tidak dikendalikan yang akan menjadi korban masyarakat sendiri," ungkapnya.

Selain melakukan pemantauan di Pospam Tugu, Kabaharkam Polri Komjen Arief Sulistyanto juga melakukan pemantauan di Pospam Teteg, dan Pospam Titik Nol Kilometer. (ian/yyw).

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00