Angin Puting Beliung Berpotensi Terjadi di Gunungkidul

KBRN, Gunungkidul: Pasca terjadinya angin puting beliung di kawasan Waduk Gajah Mungkur Wonogiri, Jawa Tengah, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Gunungkidul meminta masyarakat meningkatan kewaspadaan.

Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Gunungkidul, Edi Basuki mengatakan, pengetahuan masyarakat perlu ditingkatkan karena seluruh wilayah Gunungkidul berpotensi diterjang angin puting beliung. Pihaknya mengatakan, angin puting beliung terjadi akibat perbedaan suhu dan tekanan udara. Potensi terjadinya angin ini bahkan tidak hanya di wilayah pedesaan namun juga bisa terjadi diwilayah perkotaan.

"Seluruh wilayah kapanewon di Gunungkidul berpotensi diterjang angin puting beliung," katanya kepada rri.co.id, Kamis (21/1/2021).

Edi Basuki juga mengatakan, pihaknya selalu memberikan himbauan kepada forum penanggulangan bencana untuk siaga dan memperhatikan prediksi dari BMKG

Menurut data BPBD, bencana angin puting beliung parah terjadi pada Tahun 2020 yang menerjang  Kecamatan Gedangsari, Nglipar dan Kecamatan Karangmojo.

Dalam bencana tersebut sedikitnya 68 rumah rusak.Untuk menanggulangi bencana angin BPBD Gunungkidul sudah melakukan koordinasi bersama TRC dan Pusdalopsd, TNI, Polri dan masyarakat.

"Kami berharap masyarakat memperhatikan adanya pohon besar disekitar rumah. Bisa ditebang jika berpotensi roboh saat angin besar datang," katanya. (wib/yyw).

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00