Wedus Gembel Merapi Keluar Lagi

Awan Panas Gunung Merapi terpantau dari CCTV PGM Ngepos pukul 17.00 WIB

KBRN, Yogyakarta : Gunung Merapi di perbatasan DIY dan Jawa Tengah, kembali mengeluarkan awan panas (wedus gembel, red), Sabtu (16/1/2021).

Sesuai pantauan Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG), awan panas yang kedua ini terjadi pada pukul 17.00 WIB.

Kejadian tersebut tercatat di seismogram dengan amplitudo 28 milimeter dan durasinya 28 detik, namun visual merapi tertutup kabut. Diperkirakan jarak luncur kurang dari satu kilometer dengan tinggi kolom 200 meter di atas puncak, angin bertiup ke arah timur.

”Kolom awan panas teramati dari CCTV Pos Pengamatan Gunung Merapi (PGM) Ngepos,” kata Kepala BPPTKG Hanik Humaida melalui siaran pers tertulisnya.

Sedangkan luncuran awan panas sebelumnya, terjadi pada pukul 04.00 WIB dengan kolom erupsi setinggi 500 meter.

Arah luncurannya ke sejumlah sungai yang berhulu di Merapi, seperti Boyong, Krasak, Kuning, Bebeng dan Putih. Saat kejadian angin bertiup ke timur dan visual Merapi tertutup kabut sebagian.

”Kejadian awan panas pertama tercatat di seismogram dengan amplitudo maksimal 60 milimeter, durasi 150 detik,” lanjutnya.

Hingga kini, total sudah delapan kali Gunung Merapi mengeluarkan awan panas, yang terjadi pada tanggal 7, 9, 13 dan 16 Januari. (ws/yyw).   

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00