Sidokarto Godean Dikukuhkan sebagai Desa Tangguh Bencana ke 56 di Sleman

KBRN, Sleman : Desa Sidokarto Kecamatan Godean dikukuhkan menjadi Desa Tangguh Bencana  (Destana), Kamis (27/2/2020). Pengukuhan dilakukan oleh Wakil Bupati Sleman, Sri Muslimatun bertempat di Lapangan Sidokarto, Godean. Pengukuhan tersebut diawali dengan gladi lapang penanggulangan bencana angin kencang.

Sri Muslimatun menjelaskan bahwa dengan dikukuhkannya Desa Sidokarto sebaga Destana, maka saat ini Kabupaten Sleman telah memiliki 56 Destana.

“Pada tahun 2020 ini Sleman targetkan pembentukan 71 Destana,” jelas Muslimatun.  

Menurutnya, Pemkab Sleman tidak akan mampu melakukan mitigasi bencana tanpa dukungan dan peran aktif dari masyarakat, relawan dan pemangku kepentingan lainnya. Oleh karena itu Pemkab Sleman senantiasa berupaya membekali masyarakat dengan pengetahuan dan keterampilan mitigasi bencana.

“Dampak yang lebih besar dalm peristiwa bencana diantaranya karena kurangnya pemahaman tentang mitigasi bencana. Berkenaan dengan hal tersebut masyarakat harus memiliki pengetahuan dan keterampilan yang tepat dalam menghadapi bencana,” ujar Muslimatun.

Sementara itu, Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Sleman, Joko Supriyanto menjelaskan bahwa bulan Januari hingga Februari 2020 tercatat tercatat 10 kejadian bencana angin kencang dengan jumlah kerugian mencapai Rp 42,1 juta. Kejadian bencana tanah longsor sebanyak 8 kejadian dengan jumlah korban mengungsi sebanyak 7 jiwa dan kerugian sebesar Rp 230 juta.

“Saya berharap dengan pembentukan Destana ini nantinya Kabupaten Sleman bisa menjadi kabupaten yang tangguh dan responsif menghadapi bencana,” pungkas Joko.(koes/ryt/yyw).

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00