Kebakaran Hebat Melanda Pabrik Wig di Kulon Progo

Proses pemadaman api (ist)

KBRN, Kulon Progo : Kebakaran hebat melanda PT Sun Chang yang berada di kalurahan Triharjo, kapanewon Wates, Kulon Progo, pada Selasa siang (25/1/2022) saat para karyawan pabrik akan istirahat. 

Teknisi PT Sun Chang, Purwono mengatakan, pihaknya belum mengetahui secara pasti penyebab kebakaran yang melanda gudang penyimpanan genset yang terletak di samping gudang penyimpanan solar tersebut.

"Tidak ada ledakan. Juga tidak ada korban jiwa atas kebakaran tersebut. Belum bisa dipastikan awal mula api berkobar," ungkap Purwono, Selasa, (25/1/2022).

Berbagai upaya antisipasi sudah dilakukan agar kebakaran tersebut tidak meluas. Petugas PLN sempat mematikan trafo PLN yang berada di dekat PT Sun Chang. Selain itu karyawan juga diminta untuk segera meninggalkan tempat kerja untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

Sementara itu Kapolsek Wates, Kompol Gunardi mengatakan, sejumlah petugas mulai dari PMI Kulon Progo, Pemadam Kulon Progo, Sleman, Bantul, dan Kota Jogja, dan lainnya dilibatkan dalam upaya menjinakkan api yang membakar gudang genset.

"Kami juga meminta bantuan water cannon milik brimob untuk memadamkan api. Kami sempat dihubungi petugas pabrik sekitar pukul 12.00 WIB untuk membantu penanganan. Termasuk untuk evakuasi karyawan pabrik," terang Gunardi.

Gunardi menambahkan, sejumlah karyawan juga diminta untuk memindahkan motornya ke luar pabrik. Di sekitar lokasi kebakaran terdapat barang yang mudah terbakar.

"Kendala lainnya adalah jalan menuju ke pabrik yang cukup sempit sehingga pergerakan truk damkar tidak bisa leluasa. Di pabrik juga minim sarana maupun prasarana pemadaman api proses pemadaman cukup terhambat," kata Gunardi. (hrn).

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar