Mapalaska Kalijaga Dikirim Bantu Erupsi Semeru

KBRN, Yogyakarta: Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) pada kampus Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Kalijaga Yogyakarta turut tergerak membantu korban terdampak erupsi Gunung Semeru. 

LPPM Sunan Kalijaga Yogyakarta menggandeng Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Mahasiswa Pecinta Alam UIN Sunan Kalijaga (Mapalaska) membantu para korban erupsi Gunung Semeru, Lumajang, Jawa Timur. 

Dua relawan Mahasiswa dari UKM mahasiswa, Catur Aji Laksono dari Prodi Manajemen Pendidikan Islam dan Abdul Rauf Al Ghoni dari Prodi Perbankan Syari’ah, diberangkatkan secara simbolis oleh Ketua Pusat Pengabdian kepada Masyarakat, Trio Yonathan Tejo Kusumo di halaman kantor PPPM, Senin (6/12/2021) malam, untuk bertolak ke Lumajang. 

Trio Yonathan menyampaikan, para relawan akan langsung terjun ke lokasi bencana erupsi Semeru dengan membawa berbagai logistik hasil pengumpulan donasi.

Di antara donasi yang dibagikan seperti pakaian pantas pakai, sembako, perlengkapan bayi, obat-obatan dan uang. 

Menurut Trio Yonathan donasi dibuka LPPM sesaat setelah berita Erupsi Gunung Semeru, banyak donasi yang terkumpul dari civitas akademika UIN Sunan Kalijaga. 

"Untuk tahap awal pemberangkatan relawan UIN Sunan Kalijaga ini, akan melakukan kegiatan assement pada desa-desa penyangga (tempat pengungsi) untuk mengetahui desa mana yang masih membutuhkan bantuan dan jenis bantuan apa yg dibutuhkan. Kegiatan assesment ini rencananya akan dilakukan selama tujuh hari mulai 6-12 Desember," katanya. 

Pasca assesment UIN Sunan Kalijaga siap mengirim relawan tahap kedua. Para relawan akan terjun membantu korban erupsi Gunung Semeru. 

"Sehingga para mahasiswa yang terjun menjadi relawan korban bencana Gunung Semeru nantinya tidak perlu melakukan KKN lagi,” tutur dia. 

Semua kegiatan pertolongan dan pemulihan para korban dapat dilaporkan kepada LPPM sebagai data dan bahan pembelajaran tentang mitigasi bencana. Dan semua kegiatan para relawan dikonversi menjadi nilai KKN. 

“Ini adalah kolaborasi baik antara LPPM dan Mapalaska dalam Misi Kemanusiaan, teman-teman Mapalaska yang sudah mumpuni dalam hal penanganan Kebencanaan, sangat dibutuhkan partisipasinya di sana, LPPM melengkapi sarana prasarana seperti helm,  headlampgoogleglass, sarana transportasi dan akomodasi selama pelaksanaan kegiatan ini," tandasnya. (ros) 

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar