Memasuki Musim Pancaroba PLN UP3 Yogyakarta Siap Tanggap Bencana

KBRN, Yogyakarta : Meningkatkan kesiapsiagaan menghadapi musim pancaroba dan kondisi cuaca ekstrim di akhir tahun 2021,  PT PLN (Persero) Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Yogyakarta melaksanakan Apel Gelar Peralatan dan Pasukan Siaga Tanggap Bencana di halaman UP3 Yogyakarta.

Kegiatan ini dihadiri oleh Seluruh Manajer Unit Pelayanan Pelanggan (MULP), Supervisor Teknik dan PJ K3L, petugas Pelayan Teknik, tim Pemeliharaan Preventif dan Korektif, Unit Pelaksana Pengatur Distribusi (UP2D) dan Unit Pelaksana Transmisi (UPT), serta PLN grup.

Manager PLN UP3 Yogyakarta Ahmad Mustaqir mengatakan, bahwa menjadi tantangan bagi PLN dalam memberikan pelayanan terbaik kepada pelanggan terutama dalam memasuki musim pancaroba ini.  

“Lebih baik bekerja keras untuk  preventif, dengan pemeliharaan terpadu dan tuntas daripada bekerja keras karena sudah terjadi gangguan," kata Mustaqir dalam keterangan resminya, Jumat (8/10/2021).

Menurutnya, inspeksi harus dilakukan secara detail dan cermat, kemudian dapat dilakukan eksekusi dengan cepat dan tepat.

"Safety adalah wajib. Tidak ada yang lebih penting dari keselamatan jiwa manusia," imbuhnya.

Pihaknya juga menghimbau, agar selalu menjaga jarak aman dengan jaringan listrik 3 meter (pohon, antena, baligo dll), termasuk untuk sealalu berhati-hati ketika menebang pohon yang berada didekat jaringan, termasuk tidak bermain layang-layang di dekat jaringan.

"Apabila menemukan hal yang membahayakan agar  menghubungi PLN 123 atau melalui Aplikasi PLN Mobile," ungkapnya.

Terdapat 4 potensi bencana di UP3 Yogyakarta yaitu banjir, tanah longsor, puting beliung dan erupsi gunung Merapi yang tersebar di sebagian besar 12 Kecamatan di wilayah Provinsi DIY.

Sedangkan saat ini, kondisi sistem  PLN UP3 Yogyakarta ditambahkannya, memiliki kapasitas trafo daya terpasang sebesar 816 MW, dengan beban puncak tertinggi yaitu sebesar 424.1 MW. Sehingga prosentase pembebanan adalah sebesar 51.97 %.

Sementara untuk jumlah personil ada 372 orang dengan armada pelayanan keandalan 39 unit kendaraan roda 4, dan 24 unit kendaraan roda 2. Juga didukung oleh 7 personil Tim Pekerjaan Dalam Keadaan Bertegangan (PDKB) dengan 1 mobil PDKB-Sentuh Langsung dan 1 mobil PDKB berjarak.

Sejumlah 7 Tim Vendor Preventif–Korektif dengan 7 unit Mobil Crane yang siap siaga 24 jam. Peralatan pendukung terdiri dari 17 Unit Gardu Bergerak dengan kapasitas total 1.180 KVA dan 18 Unit Genset dengan kapastias total 206 kVA.

"Setiap insan PLN diharapkan ikut memberikan edukasi tentang Aplikasi PLN Mobile kepada para stakeholder, karena semua kemudahan  pelayanan berada dalam satu genggaman. Juga ada fitur Listriqu yang sudah ada di aplikasi New PLN Mobile memudahkan para pelanggan untuk mendapatkan layanan instalasi listrik milik pelanggan (IML) dengan mudah dan cepat. Fitur yang digagas oleh anak usaha PT PLN, PT Haleyora Power, menjadi terobosan PLN untuk meningkatkan customer experience," pungkasnya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00