Jelang Musim Hujan DLH Kota Yogyakarta Intensifkan Pemangkasan Pohon

KBRN, Yogyakarta : Mengantisipasi potensi bencana yang dapat terjadi selama musim penghujan di Kota Yogyakarta, Dinas Lingkungan Hidup Kota Yogyakarta mengintensifkan pemangkasan pohon perindang. Langkah tersebut dilakukan untuk mengantisipasi terjadinya kejadian pohon tumbang maupun mencegah potensi terjadinya bencana dari kejadian pohon tumbang tersebut.

Kepala DLH Kota Yogyakarta Sugeng Darmanto mengatakan, operasi terus dilakukan tim lapangan untuk melakukan pencermatan bagi pohon-pohon terutama perindang jalan di jalan yang berpotensi mengganggu maupun yang terlalu rimbun.

"ini pekerjaan rutin. Kami tiap hari keliling pemantauan. Kalau ada yang kira- kira rawan langsung dieksekusi," katanya, Selasa (5/10/2021).

Menurutnya, dalam sehari rata-rata seksi perindang DLH Kota Yogyakarta menerjunkan sekitar 2 unit alat pemangkas pohon, sedangkan untuk ukuran pohon yang cukup besar akan menerjunkan truk crane.

DLH Kota Yogyakarta juga mengontrak pihak ketiga untuk melakukan pemangkasan pohon perindang untuk mengurangi kerimbunan. Terutama pohon-pohon perindang yang mendekati kabel-kabel listrik.

Pihaknya juga meminta agar pelaku usaha yang berada di tepi jalan jika mendapati pohon yang dinilai mengganggu dan dibutuhkan pemangkasan, harus melaporkan ke DLH Kota Yogyakarta.

Jika dipangkas total harus ada penggantian pohon dahulu yang ditanam, dan pemangkasan juga harus didampingi petugas DLH Kota Yogyakarta.

“Kami imbau warga yang memiliki pohon- pohon besar di area halaman rumah segera mewaspadai dengan mengecek apakah kondisinya masih kuat saat nanti musim hujan. Bisa dikurangi dengan memangkas dahan dan daun- daun rimbun yang dirasa membahayakan,” jelas Sugeng.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00