Pemkab Bantul Bagikan Motor Roda Tiga pada Kalurahan

KBRN, Bantul : Pemerintah Kabupaten Bantul membagikan bantuan kendaraan roda tiga dan peralatan untuk operasional penanganan ketika terjadi bencana pada Kamis (26/08). Bantuan diberikan kepada empat kalurahan, yakni Temuwuh, Terong, Bantul, dan Bangunjiwo.

Dalam sambutannya Bupati Bantul, Abdul Halim Muslih berharap bantuan ini bisa dimanfaatkan dengan baik. Mengingat seluruh wilayah di Bantul berpotensi mengalami bencana. Sehingga diharapkan dengan adanya peralatan operasional ini bisa meminimalisir resiko bencana dan dampaknya kepada masyarakat.

“Kita ketahui bersama Bantul itu seperti minimarket bencana, semua potensi itu ada di Bantul. Mulai dari gempa bumi, kekeringan, longsor, banjir, hingga angin kencang. Langkah-langkah antisipasi perlu kita lakukan secara sinergis dengan melibatkan semua pihak di bawah pengelolaan manajemen yang terukur dan terencana,” jelasnya.

Sementara itu Kepala BPBD Bantul, Dwi Daryanto mengatakan bantuan ini berasal dari program pagu indikatif Kecamatan yang merupakan usulan masing-masing wilayah. Pihak Pemkab hanya mengakomodir melalui BPBD dalam pengadaan alat. Masing-masing kalurahan ini mendapatkan paket senilai Rp 50 juta.

“Sengaja kita desain untuk roda tiga itu untuk memudahkan operasional di lapangan manakala terjadi  bencana di wilayah masing-masing. Roda tiga fleksibel bisa masuk ke jalan umum ke kampung, sehingga harapan kami bisa mempercepat proses evakuasi manakala di wilayah tersebut terjadi bencana,” terangnya.

Senada dengan Bupati, Dwi juga menyebut hampir seluruh wilayah di Bantul ini rawan bencana. Karena itu, pihaknya berharap Kapanewon lain di Bantul bisa segera mengajukan usulan untuk membantu kalurahan dalam rangka mempercepat proses evakuasi jika terjadi bencana. (dev)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00