Belasan Rumah di Gunungkidul Rusak Akibat Gempa Bumi

Rumah rusak akibat gempa. Foto Ist

KBRN, Gunungkidul: Gempa berkekuatan 5,3 Skala Richter yang mengguncang Gunungkidul, Yogyakarta pada Senin pagi (28/06/2021) merusak belasan rumah.

Gempa yang berpusat pada 55 kilometer barat daya Gunungkidul ini merusak sedikitnya 16 rumah di kalurahan Girisekar, Kapanewon Panggang dan 1 rumah di kalurahan Giripurwo, Purwosari.

Lurah Girisekar, Sutarpan mengatakan, gempa yang terjadi sekitar pukul 05.15 WIB mengagetkan warga karena goncangan yang cukup keras dengan durasi yang lumayan lama.

"Warga kami berhamburan keluar, karena memang guncangan sangat keras," katanya saat dihubungi rri.co.id, Senin (28/6/2021).

Tarpan menjelaskan, rumah rusak berada di 4 padukuhan yang berbeda. Diantaranya di Padukuhan Widoro tiga rumah, Padukuhan Klampok 3 rumah, Padukuhan Gumbeng 8 rumah dan Padukuhan Karangnongko 1 rumah.

"Kerusakan rata-rata pada genting yang jatuh, dan atap rumah yang rontok," paparnya.

Pihaknya juga mengatakan tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut, hanya ada perangkat elektronik berupa satu televisi dan satu laptop rusak akibat kejatuhan genteng.

"Pagi ini warga kita himbau untuk kerja bakti. Kita berharap nanti rumah tetap bisa ditempati," papatnya.

Sementara Kepala Pelaksana BPBD Gunungkidul, Edi Basuki mengatakan, kerusakan juga dialami satu rumah warga, berupa plafon atap runtuh.

Rumah tersebut milik Sujiyo, warga Pedukuhan Sumur, Kalurahan Giripurwo, Purwosari. Ia juga memastikan penghuni rumah tidak mengalami luka

"Tim Reaksi Cepat (TRC) BPBD Gunungkidul sudah dikirim menuju lokasi kerusakan," paparnya.

Dirilis dari laman resmi info BKMG Gempa bumi terjadi pada pukul 05:15:29 dengan Magnitudo 5,3 SR. Gempa terjadi pada kedalaman 48 km berlokasi di 8.49 LS - 110.59 BT atau 55 km Barat Daya Gunungkidul, Yogyakarta. (win-yyw).

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00