NPC DIY Gelar Pelatihan Pelatih Pelatda Peparnas

NPC DIY Gelar Pelatihan Pelatih

KBRN, Yogyakarta : National Paralympic Committee (NPC) DIY menggelar pelatihan pelatih selama dua hari, sejak Selasa (23/2) di Hotel Ruba Graha, Yogyakarta. Kegiatan diikuti oleh seluruh pelatih pemusatan latihan daerah (Pelatda) Pekan Paralimpik Nasional (Peparnas) Papua.

Mereka total mencapai 22 orang yang berasal delapan cabang olahraga. Melalui pelatihan ini Ketua NPC DIY, Hariyanto berharap bisa meningkatkan kapasitas pelatih dalam rangka Pelatda Peparnas 2021.

“Mengharapkan dengan adanya pelatihan ini memberikan motivasi atau semangat baru bagi pelatih. Walaupun baru pertama kali dilaksanakan, NPC DIY tetapi ini menjadi dasar untu pemetaan lebih lanjut bagaimana kapasitas pelatih yang ada,” terangnya, Rabu (24/2/2021).

Lebih lanjut Hariyanto mengatakan materi yang diberian secara umum adalah penyusunan program latihan. Dengan pembicara dari internal NPC sendiri serta dari FIK UNY. Diantaranya ada Rumpis Agus Sudarko, Cukup Pahala Widi, dan Devi Tirta Wirya. Selain itu, karena proses Pelatda sebetulnya telah dimulai sejak 2019 lalu, ada pula sesi berbagi antar pelatih terkait proses latihan yang sudah ditempuh selama ini.

“Karena melatih teman-teman disabilitas ada karakteristik yang berbeda dibanding atlet non difabel. Karena masing-masing disabilitas karakternya sendiri-sendiri ya, ngga bisa disamakan. Misal tuna netra beda dengan tuna rungu wicara, tuna daksa apalagi tuna grahita,” jelasnya.

Sementara itu salah satu pembicara, Cukup Pahala Widi dalam materi yang disampaikan mengatakan, bahwa proses pembinaan yang benar seringkali dilupakan, karena prestasi lebih diutamakan. Sehingga bayak atlet perpotensi yang habis sebelum berkembang. (dev/yyw).

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00