Indonesia Gelar Kejuaraan Wushu Internasional Secara Virtual

KBRN, Sleman : Bertempat di Crystal Lotus Hotel Yogyakarta, pada Rabu (02/12) malam digelar pembukaan The International Virtual Wushu Championship 2020 and The Indonesian Series, memperebutkan Piala Airlangga Hartarto. Kegiatan ini dimaksudkan sebagai bagian dari terobosan dalam program pembinaan di tengah pandemic.

Ketua Asosiasi Wushu Indonesia, Airlangga Hartarto dalam sambutannya mengatakan, pandemic covid-19 membuat dunia olahraga harus inovatif dalam melakukan pembinaan. Karena prestasi tidak bisa didapatkan secara instan, sehingga harus dicari langsung pada sumber pembinaan, yakni sasana di seluruh Indonesia dan hal ini dimungkinkan dengan digelar secara virtual.

“Ada 82 sasana dan menjaring 160 atlet potensial sehingga PB Wushu bisa mempunyai 306 atlet yang akan dibina dan bersaing di tingkat junior untuk nantinya bisa mengikuti sirkuit di tahun 2021,” ujarnya.

Sementara itu Ketua Panitia, Tjokro Gunawan menyampaikan harapannya melalui kegiatan ini bisa memberi semangat untuk berlatih agar prestasi atlet-atlet wushu Indonesia bisa dipertahankan.

“Dalam kejuaraan ini PB Wushu menugaskan tim juri yang punya lisensi nasional dan internasional, dan menugaskan panitia pelaksana pertandingan wushu terbaik,” jelasnya.

Karena digelar secara internasional, ada tujuh negara yang ikut serta di ajang kali ini. Yakni Brunei Darusalam, Singapura, Makau, Cina, Korea Selatan, dan Kazakstan. Sementara secara nasional ada 12 provinsi yang ikut serta dengan total 83 sasana. Untuk peserta total ada 1.041 atlet yang ikut dan memecahkan rekor kompetisi olahraga virtual terbanyak. (dev/yyw).

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00