KONI DIY Tanggapi Ketetapan PON 2024 di Aceh dan Sumut

KBRN, Yogyakarta : Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) Republik Indonesia telah menetapkan ajang Pekan Olahraga Nasional (PON) 2024 digelar di Aceh dan Sumatera Utara (Sumut). Menanggapi hal ini, KONI DIY, meminta agar para atlet mempersiapkan diri untuk berkompetisi, karena dalam beberapa tahun kedepan agenda olahraga akan sangat padat.

Ketua Umum KONI DIY, Prof. Djoko Pekik Irianto mengatakan, dengan keputusan itu maka jeda antar PON hanya tiga tahun saja, karena PON Papua diundur menjadi 2021. Kemudian di tahun 2022 mereka mengikuti PORDA DIY dan di tahun 2023 akan ada kualifikasi PON.

“Atlet sebenarnya tidak masalah ya, karena mereka yang ikut PON Itu termasuk atlet elit di daerah,” terangnya, Jumat (20/11/2020).

Sebelumnya Menpora Zainudin Amali pada Rabu (19/11) telah menetapkan PON 2024 digelar di Aceh dan Sumut, sehingga seluruh provinsi bisa segera bersinergi untuk membuat perencaan yang baik. Ia juga mendorong agar pembangunan fasiltias olahraga bisa berstandar internasional.

“Sehingga tidak hanya menjadi fasiltas jangka pendek untuk PON saja, tetapi jug ajangka panjang,” ujarnya.

Sementara itu dengan pencanangan PON untuk digelar di dua daerah membuat peluang DIY untuk mengajukan diri sebagai tuan rumah bersama Jawa Tengah membesar. Namun, menurut Djoko Pekik, tetap diperlukan dukungan dari berbagai pohak seperti Pemda dari kedua daerah dan juga masyarakat. (dev/yyw).

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00