NPC DIY Berharap ada Kepastian Jadwal Peparnas

Ketua NPC DIY, Hariyanto

KBRN, Yogyakarta : National Paralympic Committee (NPC) Daerah Istimewa Yogyakarta berharap bisa segera ada kepastian terkait jadwal Pekan Paralimpik Nasional (Peparnas).

Sejauh ini menurut Ketua NPC DIY, Hariyanto, informasi yang beredar baru terkait rencana penundaan selama satu tahun dari 2020 menjadi 2021. Sementara untuk PON, jadwalnya sudah dipastikan akan berlangsung pada 2-13 Oktober 2021.

Peparnas menurut Hariyanto, biasanya digelar sekitar 10-14 hari setelah PON. Sehingga diperkirakannya Peparnas mendatang akan digelar pada akhir Oktober atau awal November. Namun, kepastian jadwal ini menurut Hariyanto tetap penting. Karena dengan ini, NPC DIY bisa menyusun rencana program mereka di tahun 2021.

Selain itu bagi para atlet dan pelatih, dengan adanya kepastian ini juga bisa digunakan untuk membuat program latihan mereka. Dari pihak NPC Pusat sendiri, Hariyanto mengaku belum ada informasi terkait rencana Peparnas kedepannya.

“Ya harapannya bisa segera ada kepastian jadwal, karena nanti akan digunakan untuk menyusun program latihan atlet. Kalau PON kan sudah ya kemarin tanggal 2-13 Oktober 2021.” ungkap Hariyanto, Sabtu (16/5/2020).

Sebelumnya Pemerintah memutuskan untuk menunda gelaran PON dan Peparnas ditunda menjadi tahun 2021. Sejumlah alasan disampaikan oleh Menpora Zainudin Amali. Diantaranya yakni pandemic covid-19 yang semakin meluas di Indonesia belakangan. Sehingga mempengaruhi persiapan dari para atlet di berbagai daerah. Selain itu juga adanya masukan dari sejumlah stakeholder olahraga untuk menunda perhelatan tersebut.(dev/ryt)

Reaksi anda terhadap berita ini :

00:00:00 / 00:00:00