DIY Kembali Juara di Kejurnas Panahan Pelajar

KBRN, Yogyakarta : Kontingen panahan Yogyakarta kembali berhasil mempertahkan gelar juara umum pada kejuaraan antar PPLP, PPLD dan Sekolah Khusus Olahraga (SKO) yang berlangsung 2-5 Desember di GOR Palangkaraya.

Pada kejurnas yang ditutup Kamis (5/12/2019) sore, kontingen panahan Yogyakarta berhasil mengoleksi 15 keping emas, enam perak dan tiga medali perunggu. Disusul oleh kontingen PPLP Jawa Timur yang mendulang delapan emas, sembilan perak dan delapan medali perunggu. Sedangkan SKO Ragunan Jakarta meraih posisi ketiga berkat torehan enam medali emas, tiga perak dan tiga perunggu.

Subarno, pelatih PPLP Yogyakarta saat diwawancarai RRI menyebutkan, kunci keberhasilan atlet pelajar Yogyakarta berjaya di kejurnas antar PPLP tahun ini adalah persiapan yang matang, tidak hanya demi kejurnas, tetapi juga ketika mempersiapkan diri di POPNAS 2019 yang digelar di Jakarta.

“Kunci kemenangan di kejuaraan antar PPLP 2019, kita benar-benar menyiapkan atlet untuk event ini. Kemarin, kita baru habis dari Popnas, jadi program (latihan) yang kami berikan untuk dua event ini,” tuturnya.

Dirinya menambahkan, kalender kejuaraan yang berdekatan dengan Popnas itu membuat atlet pelajar Yogyakarta masih berada dalam performa puncak ketika bertarung di kejurnas panahan antar PPLP, PPLD dan SKO di Palangka Raya, Kalimantan Tengah.

“Beberapa nomor, khususnya recurve putra dan putri kita mendapat medali emas. Di standar bow putra kita juga mendapat medali emas, baik di nomor jarak maupun aduan tim,” tutur pelatih yang juga guru SD itu.

Selain persiapan yang matang, Subarno selaku pelatih juga mencermati persiapan Jawa Timur sebagai pesaing terberat yang tahun ini tak seperti biasanya. Kontingen Jawa Timur tampak kurang siap dalam menghadapi kejurnas kali ini.

“Untuk Jawa Timur kelihatannya kurang siap di ajang ini. Bahkan hanya beberapa atlet saja yang berhasil meraih emas. Di divisi compound putra mereka masih mempertahankan medali emas, ini sesuai dengan hasil Popnas kemarin, di mana Jawa Timur juga juara,” tandas Subarno yang juga sukses mengantarkan atlet panahan DIY berjaya di Pra Kualifikasi PON dan Popnas 2019.

Keberhasilan tahun ini membuat Pusat Pendidikan dan Latihan Pelajar atau PPLP DIY mengulang kesuksesan juara umum seperti tahun lalu. Pada kejurnas antar PPLP, PPLD dan SKO 2018 yang digelar di Stadion Pahoman Bandar Lampung, Yogyakarta juga berhasil meraih gelar juara umum setelah mengumpulkan 13 emas, sembilan perak dan lima perunggu. (ros/yyw)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00