Cerita Haru Agus, Ayah Atlet Disabilitas yang Mampu Bawa Pulang Medali Emas di Asian Youth Paragames

KBRN, Gunungkidul: Wajah bahagia, bangga dan haru jelas terpancar di wajah Agus Purwanto. Pria berusia 40 tahun tersebut merupakan warga Padukuhan Ngembes, Pengkok, Patuk Gunungkidul.

Kesabarannya merawat putri difabel yang ia beri nama Elsa Dewi Saputri terbayar lunas. Agus menceritakan, selama tiga bulan lamanya ia wira-wiri mengantarkan putrinya berlatih olahraga angkat berat di wilayah Kalurahan Logandeng Kapanewon Playen.

Meskipun seorang disabilitas, semangat Elsa untuk meraih prestasi patut diacungi jempol. Kegigihan Elsa dan fasilitas dari Agus pun membuahkan hasil. Ia mampu menyabet medali perak dalam ajang Perparnas XVI Papua di kelas 86+ beberapa waktu lalu.

Puncaknya, Elsa kembali menjadi yang terbaik usai meraih medali emas dalam ajang Asian Youth Para Games. Kejuaraan tingkat Internasional ini dilaksanakan pada Minggu (5/12/2021) di Khalifa Sports City Stadium, Isa Town, Bahrain.

"Saya dukung penuh, setiap hari latihan ke Logandengn selalu saya antar," ucap Agus, Selasa (7/12/2021).

Agus menambahkan, putrinya tersebut kini duduk kelas XII IPS SMAN I Patuk. Dikatakan Agus, sejauh ini hanya tempat latihan yang kurang luas sering kali menjadi keluhan Elsa.

"Tapi anak saya tetap semangat, dan kami sangat bangga terharu putri saya mampu meraih medali emas di Bahrain," ujarnya.

Menurutnya, semangat untuk meraih prestasi membanggakan ini tak lepas dari dukungan semua pihak tak terkecuali dari Pemerintah dan Bupati Gunungkidul Sunaryanta.

"Secara umum semua instansi mendukung. Ada reward untuk atlet berprestasi dan ini patut kami syukuri," kata Agus.

Terpisah, Asisten pelatih angkat berat DIY, Untung Subagyo mengatakan, penampilan Elsa memukau dewan juri lantarana menjadi angkatan terbagus di mana seorang pelajar bisa mengangkat beban 80 kilogram di usianya yang masih di bawah 20 tahun.  Padahal, event youth ini angkatannya hanya di bawah 50.

"Sementara Elsa mampu mengangkat 80 kilogram, sejak awal memang kami persiapkan di kelas pemuda," pungkasnya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar