FOKUS: #PON XX PAPUA

Persembahkan Dua Emas, Kahfi Harumkan Yogyakarta

KBRN, Merauke: Prestasi luar biasa ditunjukkan oleh pecatur DIY satu-satunya yang berlaga di PON XX Papua, M Kahfi Maulana. Sang pecatur kembali meraih emas, Rabu (13/10/2021) sore, di Swiss Bell Hotel Merauke. 

Sang pecatur meraih 8 MP dari sembilan babak yang dilalui pada nomor catur standar atau klasik perorangan putra. Sementara untuk peringkat kedua diraih pecatur tuan rumah MI Yoseph Theolifus Taher dengan berselisih 0,5 MP. 

"Alhamdulillah saya bersyukur. Ini memang target saya di catur standar," katanya. 

Kahfi memang sempat kalah dari pecatur tuan rumah. Namun, partai lainnya dijalani dengan mulus oleh mahasiswa UGM itu. 

"Kalau untuk dua emas ini, tentunya saya bangga. Saya awalnya tidak menduga bisa meraih dua emas," jelasnya. 

Pelatih catur DIY,  Bima Tri Ardi Wijaya juga merasa terharu dengan pencapaian Kahfi. Ia menilai anak asuhnya pantang menyerah, demi meraih kemenangan. Bahkan setelah dikalahkan Yoseph Taher sekalipun. 

"Saya bangga dengan Kahfi dan meski sempat kalah, kekalahan itu dijadikan motivasi untuk melecut semangat dan bermain lebih baik lagi," kata Bima. 

M Miftahurrahman pecatur asal NTB yang dikalahkan Kahfi Maulana pada babak 9 atau partai terakhir catur standar mengakui keunggulan lawannya itu. Miftahurrahman juga tak menyesal kalah dari pecatur muda yang dianggap sebagai salah satu pecatur terbaik di Tanah Air. 

"Saya sudah pernah ketemu dia di tahun 2015 silam. Saat itu ia masih SMA kalau nggak salah. Saya merasa anak ini berbakat dan punya potensi yang besar. Saya sendiri tidak malu kalah dari Kahfi," tandasnya.

Sebelumnya Kahfi telah memperoleh sekeping perunggu di nomor catur kilat dan satu emas di nomor catur cepat. Keberhasilan Kahfi menjadi prestasi fenomenal yang membanggakan masyarakat Yogyakarta. (ros)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00