Sambut Kontingen DIY, Warga Jogja di Papua Siap Memberikan Dukungan

KBRN, Jayapura : Rombongan kontingen atlet dan pelatih pertama dari DIY akhirnya tiba di Papua pada Senin (20/09). Kehadiran mereka di Jayapura disambut meriah oleh warga Yogyakarta yang tinggal di Papua. Sekretaris Umum KONI DIY, Agung Nugroho ketika dihubungi menyebut ada dua penyambutan yang diberikan untuk kontingen DIY ini. Selain dari warga Yogyakarta, sambutan juga diberikan oleh warga Papua.

“Tadi ada penyerahan cinderamata, tas tradisional, noken itu ya sama topi, juga foto-foto tadi, meriah sekali, ” katanya.

Kontingen DIY sendiri di rombongan pertama ini terbagi menjadi dua klaster, yakni Jayapura dan Mimika. Untuk kontingen di Jayapura jumlahnya mencapai 23 orang, sementara di Mimika sebanyak sembilan orang. Mereka terdiri dari tiga cabang olahraga, yakni polo air, gantole, dan terbang layang.

Sementara itu Ketua Paguyuban Warga Ngayogyakarto (Pawarto) Papua, Doddy Sambodo mengatakan pihaknya menyiapkan tiga kali kegiatan penyambutan. Selain pada hari Senin (20/09) juga pada tanggal 26 September dan 1 Oktober mendatang. Ia pun siap mengerahkan warga Yogyakarta yang ada di Jayapura dan di klaster-klaster lain PON untuk memberikan dukungan kepada kontingen DIY.

“Memang kita rencana suporteri, boleh datang penonton 50% bisa menyaksikan jadi kesempatan untuk memberikan dukungan. Harus tetap semangat, jangan minder, jangan takut, yang penting maksimal sudah bagus,” jelasnya.

Pawarto sendiri menurutnya berangotakan seribu orang lebih, tersebar di berbagai kabupaten yang ada di Papua. Sementara di Jayapura diperkirakan ada 300an orang anggota. Mereka merupakan gabungan dari berbagai paguyuban warga seperti Gunungkidul, Kulonprogo, dan Bantul yang lama tinggal di Papua. Mayoritas menurutnya anggota Pawarto ini merupakan aparat dan ASN yang bekerja di wilayah ujung timur Indonesia itu. (dev)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00