Meski Digelar Virtual, Seleksi Mataram Utama Membludak

KBRN, Yogyakarta: Luar biasa! Seleksi pemain yang digelar secara virtual oleh Mataram Utama Football Academy atau Mataram Utama FA tak kehilangan minat dari para pemain belia. 

Buktinya, meski tidak digelar secara luring, seleksi sampai diikuti 117 pemain dari berbagai daerah, baik di DIY maupun Jawa Tengah. Seleksi yang ditutup Selasa (20/7/2021) kemarin, dilakukan dengan pengiriman video para pemain yang hendak masuk akademi sepak bola Mataram Utama. 

Direktur Teknik Mataram Utama FC, Erwan Hendarwanto menjelaskan, pemain yang lolos seleksi virtual bakal dihubungi pada 23-25 Juli mendatang untuk mengikuti seleksi tahap berikutnya. Seleksi lanjutan akan dilakukan secara langsung di lapangan. 

“Kami rencanakan seleksi langsung di lapangan dimulai 3 Agustus di Lapangan Kenari Yogyakarta. Tapi, ini tergantung kondisi terkait pademi Covid-19. Seleksi secara langsung ini baru akan kita laksanakan jika kondisi sudah memungkinkan,” ujar mantan pelatih PSIM itu. 

Erwan menegaskan, pihaknya hanya akan menghubungi peserta yang lolos seleksi virtual dengan nomor resmi Mataram Utama Center (0817167117). 

“Jadi kalau ada yang menghubungi dengan nomor lain, itu berarti bukan dari Mataram Utama FC, diabaikan saja. Semua proses seleksi juga tidak dipungut biaya,” tandasnya. 

Seleksi secara langsung nantinya akan dibagi menjadi empat kelompok, yakni kelas Bima U-11 dan 13 serta kelas Yudhistira U-15 dan U-17. Seleksi ini sekaligus diproyeksikan untuk membentuk tim guna mengikuti Kompetisi Piala Soeratin U-13, 15 dan 17. 

Tahapan seleksi dipandu langsung Erwan Hendarwanto yang juga menjabat pelatih kepala tim senior, dibantu Johan Arga Pramudya (asisten pelatih tim senior dan pelatih kepala tim U-17), Pratama Gilang Ramadhan (asisten pelatih tim U-17 dan pelatih kepala tim U-15), Angga Kusuma (asisten pelatih tim U-15 dan pelatih kepala tim U-13) serta pelatih kiper Ony Kurniawan dan Arief Fitriadi. 

Sementara itu, Presiden Mataram Utama FC Dessy Arfianto mengatakan pihaknya menggelar seleksi secara virtual karena menyesuaikan kondisi imbas diterapkannya Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) darurat. Pada seleksi model ini, peserta diminta mengunggah video kemampuan dasar sepakbola di instagram masing-masing yang kemudian dianalisa oleh tim pelatih.  

“Seleksi virtual ini baru tahap awal saja dan yang dinyatakan lolos, selanjutnya mengikuti seleksi secara langsung di lapangan. Untuk pelaksanaan seleksi langsung ini kami rencanakan pada awal Agustus. 

Senada dengan Erwan Hendarwanto, Dessy Arfianto menegaskan, seleksi langsung di lapangan hanya akan dilakukan apabila kondisi memungkinkan dan terjadi pelonggaran kebijakan PPKM. 

"Sekali lagi, tentu saja menyesuaikan dengan kondisi terkait pandemi Covid-19. Seleksi secara langsung ini akan kami laksanakan jika memang kondisinya sudah memungkinkan,” ungkap Dessy. 

Mataram Utama FC  yang tengah bersiap menghadapi Liga 3 wilayah DIY, merupakan pengembangan dari salah satu perkumpulan anggota Askot PSSI Kota Yogya, yakni Manggala SIWO Mataram Utama. Manggala Utama juga akan terjun dalam Piala Soeratin U-13, 15 dan 17. (ros)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00