KONI Gelar Bimtek Antisipasi Doping

Peserta Bimtek KONI DIY

KBRN, Yogyakarta : Bidang IPTEK Olahraga dan Litbang KONI DIY menggandeng tim PPM UNY 2021 memberikan pembekalan pelatih Puslatda PON Papua dengan buku saku anti doping. Buku in imerupakan panduan bagi atlet, pelatih, dan praktisi olahraga untuk mencegah doping.

Kegiatan berlangsung dalam bimtek Psikologi, Nutrisi, dan Doping di ruang rapat KONI DIY, Rabu (5/5) lalu. Di dalam buku tersebut tercantum sejumlah pengetahuan dasar terkait daftar obat untuk gangguan kesehatan sehari-hari, terutama yang boleh digunakan dan yang tidak.

Ketua Umum KONI DIY Prof. Djoko Pekik Irianto, yang hadir dalam kegiatan mengimbau dan mengingatkan kepada seluruh pelatih untuk betul-betul memperhatikan dan mengawasi segala asupan makanan, minuman, obat dan lainnya yang dikonsumsi oleh atlet. Terutama cabang olahraga (cabor) binaraga yang rentan dengan hal tersebut.

Ditegaskannya, bila dalam PON Papua terdapat temuan kasus doping maka cabor ini tidak akan dipertandingkan pada PON Aceh-Sumut Tahun 2024. Dalam hal ini Tim Dokter KONI DIY pun juga akan bekerja sama dengan pelatih untuk turut melakukan pengawasan.   

"Berharap materi yang diberikan betul-betul aplikatif, dan ini para atlet sudah masuk periode pra-kompetisi, sehingga harapan kita tidak ada masalah berarti. Dan dengan materi nutrisi, doping, dan psikologi itu bisa memenuhi keterpenuhan gizinya, dan utamanya mereka yang riskan terhadap doping, sehingga kita berikan wawasan, gambaran, dan masalah-masalah doping yang sering dihadapi seperti apa, dan antisipasi sehingga tidak terjadi hal itu. Karena yang terkait dengan doping ini sudah di-warning betul oleh PB PON dan KONI Pusat utamanya di cabor binaraga," jelas Prof. Djoko. 

Perihal edukasi doping, nantinya akan diberikan secara terus menerus dan berkelanjutan. Ini juga sebagai upaya preventif dan persiapan guna menghadapi program PB PON dan KONI Pusat mengenai Out of Competition (OOC), yakni semacam pemeriksaan tes doping mendadak yang dilakukan kepada atlet saat latihan, maupun seusai bertanding. (dev/yyw).

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00