Nikah Bareng di Bantul Disaksikan Dua Superhero

Suasana Ijab Qobul nikah bareng di atas kendaraan Tossa

KBRN, Yogyakarta : Di hadapan penghulu, belasan pasang pengantin mengucapkan janji sehidup semati. Tak ada kemeriahan resepsi, seperti layaknya pesta pernikahan.

Namun pada Rabu (12/8/2020), Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Kretek Bantul Yogyakarta, menjadi saksi terjalinnya ikatan suci. Prosesi akad nikah, tidak hanya di dalam ruangan, tetapi juga di atas kendaraan roda tiga, dengan penutup di bagian atas.

Saat Ijab Qobul terucap, jantung Garjito berdegup kencang. Laki-laki usia 47 tahun itu, sudah sah sebagai suami Endang Tri Purnomowati, yang usianya lebih muda lima tahun.

Penerapan protokol kesehatan di acara nikah bareng merah putih

”Ada rasa deg-degannya karena ini sakral banget kan, ya semoga semuanya berjalan lancar, dengan konsep 17 Agustus ada kenangan tersendiri bagi kita,” kata Garjito.

Meski belum lama bertemu istrinya, tetapi Garjito merasa bersyukur memperoleh pendamping hidup sesuai masukan teman baiknya. Dan ternyata bisa berlanjut hingga ke jenjang pernikahan.

Raja dan Ratu Sehari Diarak

Sebelum berlangsung Ijab Qobul di Kantor Urusan Agama, belasan pasang pengantin diarak ke arah utara sejauh lima kilometer, menggunakan kereta kelinci. Mereka berangkat dari Pantai Cemara Sewu, tempat berlangsungnya foto pre weeding dan tik-tok massal diiringi musik.

Pasangan pengantin diarak menggunakan kereta kelinci

Acara nikah bareng merah putih ini betul-betul istimewa. Dua tokoh superhero, yaitu Gatotkaca dan Transformer menjadi saksi pernikahan. Menurut Ryan Budi Nuryanto, sebagai ketua panitia nikah bareng, munculnya kedua tokoh super hero tersebut memiliki makna khusus.

”Harapannya ini menjadi spirit kekuatan pengantin melewati masa pandemi ini, untuk bersatu-padu membangun Indonesia dan tetap mematuhi protokol kesehatan,” kata Ryan.

Gatotkaca dan Transformer jadi saksi di acara nikah bareng

Saat hadir menjadi saksi di acara nikah bareng, Bupati Bantul Suharsono menyampaikan harapannya. ”Mudah-mudahan para pasangan pengantin ini, menjadi keluarga yang Sakinah, Mawaddah Wa Rahmah,” kata dia.

Acara nikah bareng merah putih yang telah dilaksanakan secara maraton sejak dua minggu terakhir, telah menikahkan 75 pasang pengantin. Ini sekaligus, untuk memperingati 75 tahun Kemerdekaan Republik Indonesia. (ws/yyw)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00