Ini Tips Agar Produk Daur Ulang Laku

Sumber foto rri.co.id

KBRN, Yogyakarta : Sebagian masyarakat Indonesia sudah akrab dengan daur ulang sampah, agar punya nilai ekonomis tinggi. Tetapi persoalannya, produk yang dihasilkan tidak laku.

Founder Project B Indonesia, Hijrah Purnama Putra mengatakan, seringkali produsen barang daur ulang dari sampah seperti tas, dompet, juga pot, lupa memetakan calon konsumen mereka.

”Kita pernah bertanya tidak? siapa sih konsumen kita? siapa yang butuh produk kita? ya nggak papa lah buat dulu, nanti yang beli pikir belakangan, tapi jangan salah kalau nanti ada pertanyaan, kok gak laku ya?,” ucap dia, Senin (24/1/2022).

Project B Indonesia yang fokus ke pengolahan limbah plastik kata Purnama, ingin agar produsen barang daur ulang, mengenal konsumen mereka secara spesifik.

”Semakin umum konsumen kita, semakin tidak spesifik strategi pemasaran yang kita lakukan, misalnya saya punya produk tempat pensil, siapa yang beli, pelajar saat tahun ajaran baru,” imbuhnya.

Jika cara itu berjalan efektif, maka Purnama yakin, tidak ada barang daur ulang yang hanya menumpuk di gudang. Semuanya akan laku, karena sesuai kebutuhan pasar. (ws)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar