Pastikan Kenyamanan Konsumen Jelang Nataru, Disperindag Kota Yogyakarta Sidak Acak Uji Takaran SPBU

KBRN, Yogyakarta : Inspeksi mendadak pengawasan Ukuran Takaran Timbangan dan Peratannya (UTTP) yang dilakukan inas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) bersama Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Yogyakarta pada dua SPBU secara acak guna memberikan kenyamanan bagi masyarakat maupun wisatawan menjelang perayaan Hari Natal dan Tahun Baru  di Kota Yogyakarta.

Kepala Unit Pelaksana Teknis Metrologi Legal Yogyakarta Muhammad Ashari mengatakan, Uji takaran menggunakan uji Bejana Tera yang dilakukan di dua SPBU baik milik pertamina atau SPBU COCO Lempuyangan dan SPBU milik swasta SPBU Timoho menunjukkan hasil bagus.

Ashari menjelaskan, dengan uji 10 liter pembelian terjadi selisih sekitar 5 mililiter atau masih jauh di bawah ambang batas toleransi penyimpangan pada bejana Tera yang maksimal adalah 0,5 persen dari total volume sehingga jika diisi 10 liter batas maksimal 50 mililiter. 

Selain uji langsung dengan pembelian 10 liter atau Rp 76.500 pada BBM jenis Pertalite pihaknya juga melakukan Uji dengan pembelian dengan nominal genap yang selama ini terdapat isu adanya kecurangan atau loncatan harga.

"Kita beli Sepuluh liter sesuai enggak, kita beli 76.500 rupiah sesuai tidak dengan jumlah Sepuluh liter. Bahkan kita juga melakukan pembelian dengan 20ribu rupiah tiga kali ditambah 16.500 rupiah hasilnya sama. Jadi masyarakat tidak perlu khawatir tentang kabar yang mengatakan ada lompatan harga," katanya pada sidak kedua di SPBU Timoho, Rabu (18/12/2019).

Menurutnya, Selain melakukan tera ulang  juga dilakukan pengawasan menjelang tahun baru dan lebaran serta sidak langsung yang dilakukan karena ada aduan yang diterima dari masyarakat

Sementara itu, Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kota Yogyakarta Yunianto Dwi Sutono menyebutkan, lonjakan kunjungan yang dimungkinkan terjadi menjelang libur panjang Nataru, sehingga melalui sidak tera secara acak pada SPBU diharapkan dapat melindungi hak konsumen untuk mendapatkan pelayanan yang benar dan jujur sesuai nilai tukar. 

"Menghadapi libur Natal dan Tahun dimana memang dalam liburan tersebut ada lonjakan baik warga Kota Yogyakarta, maupun wisatawan yang datang sehingga harapan dari Pemerintah Daerah tentunya tidak terjadi kekhawatiran," jelasnya.

Senada dengan Disperindag, Kepala Satpol PP Kota Yogyakarta Agus Winarto menegaskan, selain memastikan kesiapan Sarana prasarana pendukung bagi wisatawan seperti penyediaan BBM, pihaknya juga memastikan tidak terjadi kecurangan di wilayahnya. 

"Kita hanya memastikan kenyamanan baik tidak terjadi kekurangan maupun kecurangan," pungkasnya. (ian)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00