Cat Global Operator Challenge, Uji Ketrampilan Operator Alat Berat

KBRN, Yogyakarta : Para operator alat berat hari Kamis (01/8/2019) mengikuti unjuk ketrampilan dalam sebuah kompetisi Cat Global Operator Challenge di Yogyakarta untuk bisa mengikuti kompetisi hingga ke Las Vegas.

Dalam kompetisi untuk operator alat berat di wilayah Jawa pada Kamis (1/8/2019), berbagai konfigurasi rintangan disiapkan untuk membuktikan keandalan peserta. Operator alat berat ditantang uji kemampuan meliputi ketepatan, kegesitan, ketangguhan mental, fleksibilitas, juga kemampuan menggunakan fitur teknologi yang terintegrasi untuk meningkatkan kinerja dengan mengunakan berbagai jenis alat berat Cat, sembari menjaga aspek keselamatan kerja.

Tema Mendrofa, General Manager Java Trakindo selaku penyelenggara kompetisi mengatakan, para operator berperan penting dalam ikut menentukan produktifitas alat berat. Karena itu, dituntut mampu beradaptasi dengan teknologi yang terus berkembang.

"Operator merupakan komponen penting di dalam kepemilikan alat berat karena mereka sangat menentukan produktifitas dari alat itu. Kalau mengoperasikan alat berat dengan safety, andal dan gesit, tepat, akurat dan bisa menggunakan fitur-fitur teknologi yang ada pada alat itu, maka alat itu semakin produktif, lebih baik dan alat itu akan berumur lebih panjang," jelas Tema Mendrofa.

"Teknologi itu kan semakin berkembang termasuk di dunia alat berat. Alat berat masa kini harus semakin ramah lingkungan, disamping alat itu semakin gesit dan bisa lebih produktif," tambah  Mendrofa.

Kompetisi di Yogyakarta, menurut Tema Mendrofa, merupakan bagian dari Cat Global Operator Challenge yang diselenggarakan oleh Caterpillar pada tingkat dunia. Pemenang pada kompetisi di Yogyakarta berhak atas kesempatan pada kompetisi selanjutnya.

"Dari event hari ini, 2 orang operator terbaik akan kita bawa ke level nasional di Jakarta untuk diuji lagi kemampuannya. Yang terbaik dari level nasional di Jakarta itu akan kita adu lagi di kompetisi level regional di Jepang bulan November 2019. Tiga orang operator terbaik di level regional akan dilakukan di uji level tingkat Internasional yang akan dilaksanakan bulan Maret 2020 di Las Vegas, Amerika Serikat," kata Tema Mendrofa.

PT Trakindo Utama merupakan penyedia alat berat Catterpillar di Indonesia. Kompetisi Cat Global Operator Challenge juga menarik perhatian para siswa SMK di Yogyakarta termasuk Muhammad Ridwan Pratama dari SMK Negeri 2 Yogyakarta.

"Sebagai pelajar SMK, kami tentu ingin lebih tahu tentang alat berat disini, terutama alat-alat yang dibuat untuk Challenge. Di sekolah kami belum mempelajari, sehingga disini adalah kesempatan untuk mengetahui. Challenge-nya sendiri sangat seru, menantang sehingga kami jadi ikut bersemangat," ungkap Mohammad Ridwan yang hadir bersama puluhan teman-temannya dari SMK N 2 Yogyakarta.

Kompetisi diharapkan mendorong para operator alat berat di Indonesia khususnya di Yogyakarta, untuk terus meningkatkan ketrampilan dan produktifitas pekerjaan. (mun/mrt/yyw).

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00