Dekranasda Kulon Progo Umumkan Pemenang Lomba Desain Souvenir khas Kulon Progo

Penyerahan hadiah lomba (ist)

KBRN, Kulon Progo : Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kulon Progo mengumumkan Pemenang Lomba Desain Souvenir Khas Kulon Progo di Rumah Dinas Bupati, pada pertengahan pekan ini. Lomba Desain Souvenir Khas Kulon Progo tersebut, sudah diadakan sejak bulan Agustus dan berakhir di awal bulan Oktober 2021 dengan tema "Pahlawan Nasional Nyi Ageng Serang sebagai Ikon Kabupaten Kulon Progo" dengan 39 orang dari berbagai daerah di Indonesia.

Ketua Panitia, Kris Sutanto, lomba desain souvenir khas Kulon Progo diadakan, adalah untuk memanfaatkan potensi lokal daerah Kulon Progo dan membranding kembali ikon Kulon Progo dan nantinya bisa menjadi cinderamata, oleh-oleh, dan kenangan khas Kulon Progo.

"Kami harap setelah launching seluruh warga masyarakat Kulon Progo bisa melestarikan, mengembangkan, dan handarbeni bahwa itu adalah ikon Kulon Progo,” kata Kris Sutanto, di Kulon Progo, Jumat (22/10/2021).

Sedangkan, Ketua Dekranasda Kulon Progo, Sri Wahyu Widati Sutedjo, mengatakan selama ini dalam melakukan/menerima kunjungan, pemerintah Kabupaten Kulon Progo hanya dapat membawa lambang daerah. 

"Jadi kami harap dengan adanya souvenir khas Kulon Progo ini bisa dipakai untuk mengenalkan ikon Kulon Progo ketika pemerintah melakukan atau menerima kunjungan daerah lain. Jadi Nyi Ageng Serang dapat lebih dikenal sebagai pahlawan wanita yang ada di Kulon Progo,” ujarnya.

Prosesi penjurian dilakukan pada bulan September 2021 dan dilakukan oleh pihak yang berkompeten di bidang seni rupa. Juara pertama diraih Dicky Panji Ismoyo, dengan desain jam meja digital NAS; juara dua diraih Hajar Hanifah dengan desain kaos NYA; juara tiga diraih Kiswantoro dengan desain motif batik godhong lumbu, dan juara harapan diraih Eko Purwanto dengan desain logo NAS, dan Ageng Nugrahadi dengan desain plakat NAS.(hrn).

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00