'May Day di Sleman, Wujudkan Hubungan Industrial Harmonis

Peringatan May Day di Sleman

KBRN, Sleman : Pemerintah Kabupaten Sleman bersama unsur pengusaha dan unsur pekerja dalam lembaga kerjasama Tripartit selenggarakan Peringatan Puncak Hari Buruh Internasional (Mayday) tahun 2021 di Sleman City Hall, Kamis (27/5/2021).  

Kepala Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Sleman, Sutiasih mengatakan bahwa  tema Hari Buruh tahun 2021 yaitu ‘Recover Together’. Adapun maksud diselenggarakan acara ini yaitu untuk membangun kebersamaan dan menjalin hubungan yang lebih baik untuk mewujudkan hubungan industrial yang harmonis dan berkelanjutan antara pengusaha, pekerja dan pemmerintah.

“Selain itu kegiatan ini bertujuan untuk memberikan apresiasi terhadap eksistensi keberadaan pekerja dalam dunia industri dan memberikan kesempatan kepada pekerja untuk dapat memperingati Hari Buruh dengan kegiatan yang positif,” jelas Sutiasih.

Dalam peringatan Hari Buruh tahun 2021 ini, Tripartit Kabupaten Sleman mengadakan lomba penerapan protokol kesehatan di perusahaan dalam rangka pencegahan dan penanggulangan Covid-19 di tempat kerja dan lomba inovasi program kesejahteraan pekerja bagi serikat pekerja/buruh.

Bupati Sleman, Kustini Sri Purnomo berharap peringatan hari buruh dapat meningkatkan semangat serikat pekerja/serikat buruh dan para pengusaha untuk menjadikan May Day 2021 sebagai momentum memperkuat sinergi dan menjalin hubungan yang lebih baik dan harmonis antara pengusaha  dan pemerintah.

“Oleh karena itu saya berharap kepada pengusaha dapat melindungi para buruh agar tetap dapat bekerja dan berpenghasilan sekaligus mempertahankan kemampuan ekonomi perusahaan agar dapat bertahan ditengah pandemi COVID-19 ini,” kata Kustini.

Menurutnya, pandemi COVID-19 saat ini berimbas besar, baik dari segi kesehatan maupun perekonomian nasional. Tidak sedikit perusahaan atau industri yang terdampak guncangan ekonomi dan berakibat pada perusahaan, ada yang bertahan ada juga yang terpuruk. Hal ini mengakibatkan tingkat pengangguran dan kemiskinan semakin bertambah.

“Namun demikian saya berharap semua pihak agar tetap menjaga sikap optimismenya. Karena optimistis sangat penting dalam menghadapi pandemi COVID-19 agar perekonomian dapat segera pulih Kembali,” tambahnya. (koes/yyw).

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00