Harga Cabai Rawit Merah di Kulon Progo Melambung

KBRN, Kulon Progo : Harga cabai jenis rawit merah di Kulon Progo masih tinggi. Cuaca diperkirakan menjadi penyebab utama meroketnya harga cabai ini.

Salah satu pedagang di Pasar Wates, Dwi Tyastuti, mengatakan, harga cabai jenis rawit merah pada Kamis (4/3) menyentuh harga Rp100 ribu perkilogramnya. Harga tersebut sudah turun sekitar Rp10 ribu, karena sehari sebelumnya harga sempat menyentuh Rp110 ribu per kg. Pengaruh musim hujan diperkirakan menjadi penyebab utama tingginya harga cabai rawit.

Selain cabai rawit merah, lanjut Tyas, beberapa komoditas lain seperti cabai rawit hijau dan cabai merah keriting cenderung stabil. Cabai merah keriting saat ini dihargai Rp. 47 ribu, cabai keriting hijau kini sudah menyentuh harga Rp24 ribu perkilogram, dan cabai rawit hijau menyentuh Rp65 ribu.

Dengan tingginya harga cabai, Tyas mengaku tidak berani menyetok dalam jumlah besar. Dirinya hanya berani menyetok 5 kilogram untuk setiap jenis cabai yang dia jual.

"Banyak konsumen yang mengeluhkan mahalnya harga cabai ini," ucap Tyas di Kulon Progo, Kamis (4/3/2021).

Meski mahal, Tyas mengaku, konsumen seperti penjual bakso tetap membeli cabai. Hanya saja mereka mengurangi jumlah pembelian, dari sebelumnya 1 Kg menjadi setengah kg saja. 

"Saat membeli konsumen juga ada yang mencampur dengan cabai keriting merah," ujar Tyas. 

Sebelumnya, Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kulon Progo, Iffah Mufidati mengatakan, permintaan cabai yang cukup tinggi memang tidak diimbangi dengan ketersediaan di pasar sehingga berimbas pada mahalnya harga cabai. Hal ini diduga disebabkan karena beberapa kondisi diantaranya pengaruh cuaca dan belum adanya panen. 

"Masyarakat diharapkan tidak khawatir dengan ketersediaan. Stok aman. Kami melakukan pengawasan untuk mencegah penimbunan bahan pokok di wilayah Kulon Progo," ujar Iffah. (hrn/yyw).

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00