UMKM Dirugikan PTKM, Asosiasi Protes

Satpol PP DIY menertibkan warung makan yang melanggar jam operasional selama pemberlakukan PTKM (Dokumentasi Satpol PP)

KBRN, Yogyakarta : Sektor UMKM di Yogyakarta, sangat dirugikan pembatasan jam malam. Ketentuan itu diterapkan, selama pemberlakukan kebijakan Pengetatan Terbatas Kegiatan Masyarakat (PTKM), sejak tanggal 11 sampai 25 Januari.

Apalagi kini, pemerintah daerah memperpanjang penerapan kebijakan itu, mulai tanggal 26 Januari hingga dua minggu ke depan.

Ketua Bidang Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Himpunan Pengusaha Pribumi Indonesia (HIPPI) Sleman, Pradiyanto Datu Jatmiko menilai, PTKM bukan kebijakan solutif bagi UMKM. Yang terjadi, tidak ada solusi nyata dari pemerintah, ketika daya beli masyarakat rendah.

”Dulu pernah ada solusi untuk mendongkrak penjualan produk UMKM dengan aplikasi si bakul, barangnya diantar pengemudi grab, tapi sekarang sudah tidak ada,” kata pria yang akrab disapa Jalu ini, saat dihubungi Senin (25/1/2021).

Untuk itu, pihaknya meminta pemerintah untuk membuat kebijakan, agar ketika ada pembatasan jam operasional UMKM tetap bisa berjualan.

Saat ini, dari total 500 pelaku UMKM di wilayah Kabupaten Sleman yang bergabung di HIPPI, mayoritas usaha mereka rugi sampai 50 persen selama PTKM diterapkan.

”Makanya, harus audiensi kita dengan pemerintah,” lanjut dia.

Di samping itu kata Jalu, tidak ada korelasi antara penerapan PTKM, dengan pengurangan jumlah yang terinfeksi korona di Yogyakarta. Faktanya, setiap hari selalu ada kasus baru.

Sesuai data Gugus Tugas Penanganan Covid-19 DIY, total kasus konfirmasi positif covid sudah di atas 19 ribu.

”Kita jadi mempertanyakan, ketika kita sudah menerapkan protokol kesehatan, PSBB dan sebagainya tapi kok datanya bisa nambah,” ucapnya.

Terkait persoalan ini, Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Sleman Mae Rusmi belum bisa dimintai tanggapan. Ia beralasan, sedang mengikuti kegiatan Musrenbang tingkat kabupaten. (ws/yyw).

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00