Kuatkan Perekonomian Masyarakat, Pemkab Kulon Progo Serahkan Penguatan Modal

KBRN, Kulon Progo : Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Dinsos PPPA) Kulon Progo menyerahkan penguatan modal usaha melalui kredit pembiayaan Pemberdayaan Ekonomi Daerah (PEDE) dari BPD DIY sebesar Rp58 juta.

Bantuan ini diserahkan kepada lima perwakilan ketua Kelompok Usaha Bersama (KUBE) dari Kalurahan Gulurejo, Kapanewon Lendah dengan total penerima kredit ada 38 orang. Bantuan tersebut bertujuan agar KUBE terus mengembangkan usaha produktif dengan memanfaatkan pembiayaan bunga murah sehingga dapat mandiri dan lebih bermanfaat.

Bupati Kulon Progo Sutedjo mengatakan, situasi pandemi menuntut masyarakat agar memiliki daya juang lebih demi mempertahankan ekonomi keluarga.

“Penyaluran Kredit Pembiayaan Pemberdayaan Ekonomi Daerah (PEDE) ini harapannya, KUBE akan lebih mandiri dan lebih bermanfaat baik bagi kelompok maupun masyarakat sekitarnya,” jelas Sutedjo, di Ruang Sermo, kompleks Pemkab Kulon Progo. Jumat (15/1/2020).

Sutedjo mengharapkan, pandemi COVID-19 bisa segera berakhir sehingga perjuangan untuk meningkatkan kesejahteraan bisa dilakukan dengan lebih maksimal.

Sementara itu, Kepala Dinsos PPPA Kulon Progo Yohanes Irianto mengatakan, salah satu upaya mengurangi kemiskinan melalui program bantuan sosial (bansos) dan pemberdayaan masyarakat. Di Kabupaten Kulon Progo bansos juga sebagai pemberdayaan masyarakat. 

"Hal ini karena didalamnya juga terdapat pemberdayaan masyarakat dengan menggunakan produk lokal Kulon Progo, sehingga uang nantinya akan terus berputar di Kulon Progo," ungkap Irianto.

Adapun jumlah KUBE di Kabupaten Kulon Progo pada 2014 sampai 2019 berjumlah 643  kelompok. Dengan adanya KUBE, harapannya akan  meningkatkan kemampuan berusaha para anggota KUBE dan juga dapat meningkatkan perekonomian mereka. (hrn/yyw).

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00